BERITA

Optimisasi Pusat Kelengkeng di Lampung Timur: Gubernur Arinal Mendorong Dukungan dari Berbagai Pihak

167
×

Optimisasi Pusat Kelengkeng di Lampung Timur: Gubernur Arinal Mendorong Dukungan dari Berbagai Pihak

Sebarkan artikel ini
Potensi Sentra Kelengkeng di Lampung Timur, Gubernur Arinal Dorong Dukungan Berbagai Pihak
Potensi Sentra Kelengkeng di Lampung Timur, Gubernur Arinal Dorong Dukungan Berbagai Pihak

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Selasa, tanggal 22 Agustus 2023, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Batanghari Nuban, Kabupaten Lampung Timur.

Kunjungan ini bertujuan untuk meresmikan panen raya tanaman buah kelengkeng yang berlangsung di kebun milik Pak Jumadi.

Dalam kunjungannya, Gubernur Arinal mengungkapkan pentingnya dukungan dari berbagai instansi pemerintah, termasuk Dinas Kehutanan, Pemerintah Provinsi Lampung, Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai (BPPDAS), dan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, untuk membantu petani kelengkeng di daerah tersebut.

Beliau menekankan bahwa pohon kelengkeng memiliki banyak manfaat, seperti menghasilkan oksigen, memberikan keindahan melalui rindangnya, mendukung sektor pariwisata, serta memiliki nilai ekonomis.

Dalam pernyataannya, Gubernur Arinal mengilhami masyarakat setempat dengan membandingkan hasil dari menanam kelengkeng dengan tanaman lain seperti singkong.

Beliau meyakini bahwa Lampung Timur memiliki potensi untuk menjadi sentra kelengkeng yang bisa memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakatnya.

Meskipun mengajak petani untuk menanam kelengkeng, Gubernur Arinal menegaskan bahwa hal ini harus dilakukan tanpa paksaan.

Ia menyarankan agar petani seperti Pak Jumadi dapat menjadi contoh bagi masyarakat lain, sehingga melalui hasil keberhasilannya, orang lain akan tertarik untuk mengikutinya.

Gubernur Arinal juga berbicara tentang peran pemerintah dalam membantu menjaga kontinuitas produksi dan pasaran buah kelengkeng.

Dia berharap agar kerjasama dapat terjalin antara BPPDAS, Dinas Kehutanan Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur untuk mencapai tujuan tersebut.

Selain itu, Gubernur Arinal mengajak masyarakat luas untuk ikut menanam kelengkeng dan mendukung upaya ini.

Beliau berharap bahwa hasil panen kelengkeng dari Desa Gedung Dalam, Lampung Timur, dapat memenuhi permintaan pasar lokal sehingga tidak perlu mengimpor dari luar daerah.

Dalam interaksi dengan wartawan, Gubernur Arinal berkomitmen untuk memberikan bantuan pompa air sesuai dengan permintaan Pak Jumadi dan petani kelengkeng lainnya.

Dia menekankan bahwa bantuan tersebut diharapkan dapat membantu dalam menjaga kelengkeng tetap subur.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Way Seputih Way Sekampung (BPDAS WSS), Idi Bantara, menjelaskan bahwa bibit kelengkeng yang ditanam di Desa Gedung Dalam sudah melewati seleksi dan bersertifikat dari Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pertanian (BPSBP).

Pak Jumadi, pemilik kebun kelengkeng, berbagi pengalaman tentang cara menanam dan merawat pohon kelengkeng.

Dia juga mengungkapkan bahwa harga buah kelengkeng kadang-kadang fluktuatif, namun petani dapat menunggu saat yang tepat untuk menjualnya.

Kehadiran media sosial ternyata telah membantu Pak Jumadi dalam mempromosikan hasil panen kelengkengnya.

Beberapa wisatawan dari luar daerah telah datang untuk membeli dan menikmati buah kelengkeng langsung di kebunnya.

Turut hadir dalam acara ini Bupati Lampung Timur, Muhammad Dawam Rahardjo, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Budiyono, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Way Seputih Way Sekampung (BPDAS WSS), Idi Bantara, dan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Yanyan Ruchyansyah.

Dengan kunjungan dan dukungan yang diberikan oleh Gubernur Arinal Djunaidi, diharapkan potensi kelengkeng di Lampung Timur dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat dan perekonomian daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *