BERITA

Target Pemungutan Pajak PBB-P2 Pemkot Bandar Lampung Capai 95 Miliar pada 2024

89
×

Target Pemungutan Pajak PBB-P2 Pemkot Bandar Lampung Capai 95 Miliar pada 2024

Sebarkan artikel ini
Pemkot Bandar Lampung Targetkan 95 Miliar dari Pajak PBB-P2 Tahun 2024
Pemkot Bandar Lampung Targetkan 95 Miliar dari Pajak PBB-P2 Tahun 2024

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, turut serta dalam rangkaian acara penting untuk kota tersebut pada Kamis (4/4/2024).

Acara tersebut adalah penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) dan Daftar Himpunan Ketetapan Pokok (DHKP) Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2024.

Dalam pidatonya, Wali Kota Eva Dwiana menyoroti pentingnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam menjaga kemandirian keuangan daerah.

Ia menjelaskan bahwa pada tahun 2024 ini, target yang ditetapkan untuk pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan mencapai Rp 95 miliar.

Menurutnya, mencapai target tersebut akan menjadi tantangan bagi semua pihak, namun ia optimis bahwa dengan kerja keras, target tersebut dapat terlampaui.

Bunda Eva juga menggarisbawahi pentingnya strategi dalam penagihan PBB-P2 yang terus dilakukan oleh Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (Bapenda) untuk meningkatkan penerimaan PBB.

Strategi ini meliputi sosialisasi langsung ke masyarakat, penggunaan media massa seperti spanduk dan TV, serta layanan pembayaran yang lebih mudah seperti mobile banking.

Dalam konteks pelaksanaan tugas pengelolaan pemungutan PBB-P2, Bunda Eva menjelaskan bahwa kewenangan dilimpahkan kepada camat dan lurah.

Mereka bertanggung jawab atas pendataan, penyampaian SPPT secara massal, dan penagihan PBB-P2 di wilayahnya masing-masing.

Plt. Kepala Badan Pendapatan Daerah, Yusnadi Ferianto, juga memberikan informasi terkait jumlah pokok ketetapan PBB-P2 tahun 2024 setelah pembebasan dan pengurangan.

Jumlah SPPT PBB-P2 yang harus diselesaikan mencapai 274.074 lembar, dengan beberapa penyesuaian NJOP untuk beberapa objek.

Target PBB-P2 tahun 2024 ditetapkan sebesar Rp 95 miliar, yang terdiri dari estimasi target dan target tunggakan.

Kegiatan penyampaian SPPT dan DHKP PBB-P2 dilakukan di seluruh wilayah kota Bandar Lampung dengan melibatkan satuan kerja seperti tim monitoring PBB-P2, camat, dan lurah.

Dengan mekanisme yang terstruktur dan melibatkan berbagai pihak terkait, diharapkan target PBB-P2 tahun 2024 dapat tercapai dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan kota Bandar Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *