BERITA

Optimasi Jejak Karir Alumni: Unila Melangkah ke Depan dalam Meningkatkan Kualitas Menjadi Dunia Usaha dan Industri

257
×

Optimasi Jejak Karir Alumni: Unila Melangkah ke Depan dalam Meningkatkan Kualitas Menjadi Dunia Usaha dan Industri

Sebarkan artikel ini
Lewat Tracer Study, Unila Tingkatkan Kualitas Alumni Menjadi DUDI
Lewat Tracer Study, Unila Tingkatkan Kualitas Alumni Menjadi DUDI

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Unit Pengembangan Karier dan Kewirausahaan (PKK) Universitas Lampung (Unila) baru-baru ini mengadakan tracer study bagi alumni yang lulus satu tahun sebelumnya.

Inisiatif ini bertujuan untuk melacak jalur karier, situasi kerja, dan pemanfaatan kompetensi yang diperoleh selama masa kuliah mereka di Unila.

Tracer study memainkan peran penting bagi berbagai pihak, terutama universitas dan alumni. Ini memberikan wawasan penting tentang hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja.

Selain itu, tracer study memberikan informasi mendalam tentang relevansi dunia akademis dengan kehidupan profesional lulusan.

Dr. Usep Syaipudin, S.E., M.S.Ak., Kepala UPT PKK Unila, menekankan tiga manfaat utama yang diperoleh dari penyelenggaraan tracer study.

Baca Juga:  Kenali Rian Maulana, Pria Viral dengan Pesta Perceraian di Gadingrejo Pringsewu

“Pertama, tracer study sangat penting sebagai sumber data dalam menghitung capaian indikator kinerja utama (IKU). Kedua, data dan informasi yang diperoleh berkontribusi pada proses akreditasi jurusan dan program studi. Ketiga, tracer study menjadi umpan balik bagi Unila, khususnya program studi, untuk meningkatkan proses belajar-mengajar,” ungkap Usep Syaipudin pada hari Selasa (28/11/2023).

Beliau menambahkan, “Melalui tracer study, kita dapat menilai sejauh mana lulusan Unila diterima di pasar global dunia usaha dan industri (DUDI).”

Berdasarkan data dari UPT PKK, capaian IKU-1 Unila pada tahun 2021 mencapai 29%, yang meningkat menjadi 40% pada tahun 2022.

Tracer study untuk tahun 2023 sedang berlangsung dan diharapkan akan berlanjut hingga akhir tahun.

Diharapkan bahwa capaian IKU-1 untuk tahun 2023 ini akan melampaui tahun sebelumnya, menekankan pentingnya partisipasi alumni dalam tracer study.

Baca Juga:  Capaian Luar Biasa Gubernur Arinal dalam Memperjuangkan Hak Asasi Manusia: Penghargaan Provinsi Peduli HAM di Hari HAM Sedunia Ke-75

UPT PKK melibatkan beberapa program dan kegiatan untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas lulusan dan pencapaian IKU-1.

Ini termasuk pelatihan persiapan memasuki dunia kerja, bantuan dalam mencari pekerjaan bagi alumni, kerjasama dengan berbagai instansi dan perusahaan, serta kolaborasi dengan komunitas alumni penerima beasiswa.

Selain itu, Unila juga bekerja sama dengan komunitas alumni penerima beasiswa seperti LPDP, untuk memberikan pendampingan kepada alumni Unila agar siap melanjutkan studi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *