BERITA

Optimalkan Prisensi Digital: Aparatur Kampung Bumi Dipasena Agung Mengikuti Pelatihan Aplikasi Website OpenSID

195
×

Optimalkan Prisensi Digital: Aparatur Kampung Bumi Dipasena Agung Mengikuti Pelatihan Aplikasi Website OpenSID

Sebarkan artikel ini
Maksimalkan Website Kampung, Aparatur Kampung Bumi Dipasena Agung Ikuti Bimtek Aplikasi Website OpenSID
Maksimalkan Website Kampung, Aparatur Kampung Bumi Dipasena Agung Ikuti Bimtek Aplikasi Website OpenSID

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Jumat, tanggal 11 Oktober 2023, Aula Kantor Camat Rawajitu Timur menjadi saksi bagi kemajuan teknologi di Kampung Bumi Dipasena Agung, Rawajitu Timur, Tulang Bawang.

Aparatur kampung dengan antusias mengikuti kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) yang bertujuan untuk memperdalam pemanfaatan aplikasi website berbasis Open Sistem Informasi Desa (OpenSID).

Kasdari, yang menjabat sebagai Sekretaris Kampung Bumi Dipasena Agung, menjelaskan pentingnya Bimtek ini dalam meningkatkan kemampuan memaksimalkan penggunaan aplikasi OpenSID yang telah diterapkan.

“Ini demi efektivitas dan efisiensi sistem administrasi kampung. Untuk mendukung hal tersebut, Pemerintah Kampung Bumi Dipasena Agung telah mengalokasikan dana sebesar Rp5 juta dari APBKam 2023, baik untuk pengembangan website maupun untuk meningkatkan kompetensi operatornya,” ungkap Kasdari.

Kegiatan Bimtek Aplikasi OpenSID ini sejalan dengan rencana APBKam Bumi Dipasena Agung tahun 2023.

Para peserta Bimtek terdiri dari Sekretaris, Kepala Bagian Pemerintahan, dan operator dari Kampung Bumi Dipasena Agung.

Dalam pemaparannya, Ahmad Ngudi Pranoto menyampaikan bahwa website berbasis OpenSID telah berhasil digunakan oleh lebih dari 3.000 desa di seluruh Indonesia.

Aplikasi ini merupakan sistem administrasi desa yang dapat diakses secara online maupun offline, dikembangkan dalam lingkungan open source.

“Keberadaan aplikasi ini akan membantu aparatur kampung dalam meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, terutama dalam hal dokumentasi, administrasi kependudukan, penyampaian informasi, dan penyajian berita. Dengan begitu, diharapkan bahwa pemerintahan kampung dapat beroperasi dengan lebih efisien dan transparan,” ujar Ngadi Pranoto.

Bimtek ini diselenggarakan oleh Badan Kerjasama Antar Kampung (BKAK) Kecamatan Rawajitu Timur.

Acara ini berhasil menarik perhatian dengan menghadirkan pemateri dari PT. Smart Tuba Digital.

Selama satu hari penuh, 24 peserta yang berasal dari berbagai kampung di wilayah Rawajitu Timur berpartisipasi aktif.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Camat Rawajitu Timur dan Perwakilan PMDK Tulang Bawang, menunjukkan komitmen bersama dalam meningkatkan pemanfaatan teknologi demi kemajuan desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *