BERITA

Optimalkan Potensi Perikanan: Gubernur Arinal Ajak Tingkatkan Produksi Udang melalui Pertambakan di Tulang Bawang, Lampung

107
×

Optimalkan Potensi Perikanan: Gubernur Arinal Ajak Tingkatkan Produksi Udang melalui Pertambakan di Tulang Bawang, Lampung

Sebarkan artikel ini
Panen Udang di Tulang Bawang, Gubernur Arinal Dorong Pertambakan Udang di Lampung
Panen Udang di Tulang Bawang, Gubernur Arinal Dorong Pertambakan Udang di Lampung

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, aktif memperkuat sektor perikanan di wilayahnya dengan melakukan panen udang dan memberikan bantuan eskavator serta kincir air kepada petani udang di Dipasena, Rawajitu Timur, Tulang Bawang, Lampung, pada Senin (13/11/2023).

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Tulang Bawang, Gubernur Arinal mengunjungi petani udang Dipasena yang tergabung dalam Perhimpunan Petambak Pembudidaya Udang Wilayah Lampung (P3UW Lampung).

Bersama para petani, Gubernur ikut serta dalam panen udang di blok Dipasena Makmur. Selain itu, beliau juga menyerahkan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI berupa 1 unit eskavator dan 70 unit kincir air.

Gubernur Arinal menyoroti potensi unggulan Provinsi Lampung dalam tambak udang, yang berkembang pesat sejak tahun 1980.

Meskipun Lampung pernah menjadi produsen udang terbesar di Indonesia pada masanya, saat ini produksinya menempati posisi ke-5 nasional.

Gubernur berkomitmen untuk mendukung pertambakan di Lampung agar dapat pulih dan kembali menjadi pemimpin nasional dalam produksi udang.

Sejumlah upaya infrastruktur telah dilakukan Pemerintah, termasuk rehabilitasi jalan dan peningkatan akses listrik di Bumi Dipasena.

Gubernur juga mencatat bantuan sarana dan prasarana budidaya tambak yang telah diberikan sebelumnya, seperti eskavator, dredger, kincir air, dan pompa air.

Gubernur mengakui bahwa masalah legalitas tanah menjadi tantangan utama, namun Pemerintah Pusat dan Daerah sedang berupaya menyelesaikannya.

Dalam upaya pemulihan, Gubernur mengajak masyarakat untuk mengikuti Program Kartu Petani Berjaya (KPB) guna memperoleh permodalan, sarana budidaya, dan dukungan pemasaran.

Ketua P3UW Lampung, Suratman, menyampaikan bahwa semua persoalan terkait lahan Dipasena telah terselesaikan, termasuk legalitas tanah yang kini berada di bawah kendali Pemerintah.

Dia berterima kasih kepada Gubernur dan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang atas dukungan mereka.

Pj. Bupati Tulang Bawang, Qudrotul Ikhwan, menambahkan apresiasinya terhadap kontribusi Gubernur dan Anggota DPR RI Hanan A. Rozak dalam memberikan motivasi dan dukungan kepada petani udang di Dipasena.

Ia juga menyoroti potensi besar Kabupaten Tulang Bawang sebagai penghasil udang manis dengan tambak seluas 14.000 hingga 16.000 hektar, yang merupakan yang terluas di Asia Tenggara.

Sebelum meninggalkan wilayah tersebut, Gubernur Arinal mengunjungi SMK Negeri Rawajitu Timur untuk melihat langsung program budidaya ikan dan udang yang dijalankan oleh sekolah tersebut.

Program ini mencakup sistem kolam bioflok yang mendaur ulang limbah nutrisi menjadi pakan ikan. Gubernur berharap bahwa inisiatif seperti ini dapat membantu perkembangan sektor perikanan di Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *