BERITA

Optimalkan Pertumbuhan Usaha Ternak Sapi: Inisiasi Program Pemkot Metro ‘Gedor Kandang’ untuk Peningkatan Potensi

39
×

Optimalkan Pertumbuhan Usaha Ternak Sapi: Inisiasi Program Pemkot Metro ‘Gedor Kandang’ untuk Peningkatan Potensi

Sebarkan artikel ini
Kembangkan Potensi Ternak Sapi, Pemkot Metro Canangkan Program Gedor Kandang
Kembangkan Potensi Ternak Sapi, Pemkot Metro Canangkan Program Gedor Kandang

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pemerintah Kota Metro, di bawah kepemimpinan Wali Kota Wahdi Siradjuddin, telah meluncurkan program ambisius untuk mengembangkan potensi peternakan sapi di wilayah tersebut.

Dalam upayanya meningkatkan pertumbuhan sektor peternakan, Wali Kota menyampaikan keyakinannya akan besaranya potensi yang dimiliki oleh wilayah Metro.

“Pertanian di Metro memiliki potensi besar dengan populasi sapi mencapai 530 ekor, tidak to mention kambing etawa dan luasnya lahan pertanian. Kami bertekad untuk terus mendorong perkembangan peternakan sapi di Metro,” ungkap Wali Kota Wahdi Siradjuddin saat menghadiri Festival Cendolan di Balai Makempal Poknak Tunas Lembu Karya Kelurahan Yosodadi pada Kamis, 23 November 2023.

Pemkot Metro berfokus pada program bernama “Gedor Kandang Sapi,” yang bertujuan mendorong peningkatan produksi dan pengembangbiakan sapi.

Wali Kota menjelaskan bahwa program ini melibatkan berbagai pihak, termasuk inseminator, veteriner, dan petugas lapangan untuk memberikan dukungan penuh kepada para peternak.

“Gedor kandang merupakan gerakan yang sedang kita bangun, dengan harapan dapat membantu peternak melalui penyediaan layanan inseminasi, dukungan veteriner, dan bimbingan langsung di lapangan,” tambah Wahdi.

Pemerintah setempat juga berkomitmen untuk memberikan pendampingan kepada peternak sapi guna memastikan mereka dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Wali Kota Wahdi berharap agar peternak bisa lebih adaptif, sehingga dapat memaksimalkan potensi peternakan sapi di Metro.

Metro telah menjalin kerjasama antardaerah dengan DKI Jakarta untuk memasarkan hasil ternak, seperti sapi, telur, dan beras, ke pasar Jakarta.

Langkah ini diharapkan dapat memberikan keuntungan lebih besar kepada petani di Metro, meningkatkan kesejahteraan mereka, dan mendorong semakin banyak warga Metro untuk terlibat dalam usaha ternak.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Metro, Heri Wiratno, mengungkapkan bahwa Metro sebelumnya menerima bantuan sapi dari Kementerian Pertanian RI pada tahun 2019.

Bantuan tersebut, berupa 20 ekor sapi jenis brahman, telah berhasil dikembangbiakkan oleh peternak lokal di Metro.

“Hingga saat ini, tidak ada kendala yang ditemui dalam perkembangbiakkan sapi brahman di Metro. Sapi ini memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap penyakit, seperti yang terlihat dari peningkatan jumlah sapi bantuan dari 20 ekor menjadi 32 ekor,” terang Heri Wiratno.

Dengan dukungan Pemkot Metro dan potensi yang dimiliki, diharapkan masyarakat Metro akan semakin termotivasi untuk terlibat dalam usaha ternak dan menjadi pengusaha yang aktif, meninggalkan status sebagai penonton semata.

Program Gedor Kandang Sapi menjadi tonggak penting dalam memperkuat sektor peternakan dan mendukung kesejahteraan masyarakat Metro secara keseluruhan.