BERITA

Optimalkan Pertumbuhan Pelanggan: Puluhan Pengusaha Terlibat dalam Pelatihan UKM Digital oleh Dosen IIB Darmajaya

181
×

Optimalkan Pertumbuhan Pelanggan: Puluhan Pengusaha Terlibat dalam Pelatihan UKM Digital oleh Dosen IIB Darmajaya

Sebarkan artikel ini
Tingkatkan Pelanggan, Belasan Pelaku Usaha Ikuti Pelatihan UKM Digital dari Dosen IIB Darmajaya
Tingkatkan Pelanggan, Belasan Pelaku Usaha Ikuti Pelatihan UKM Digital dari Dosen IIB Darmajaya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – WhatsApp Bisnis (WA Bisnis) telah membawa kemudahan dalam berinteraksi dengan pelanggan, dengan menyajikan fitur-fitur yang memungkinkan otomatisasi, penyortiran, dan balasan pesan yang cepat.

Muhammad Saputra, S.E., M.M., memberikan pandangan ini dalam rangkaian materi yang disampaikan pada Pelatihan UKM Digital bagi Pelaku Usaha, yang digelar di Co Working Space DSC Lantai II pada Selasa (18/7/23).

Saputra, yang akrab dipanggil Putra, menjelaskan bahwa aplikasi WhatsApp Bisnis dirancang dengan fungsi yang serupa dengan WhatsApp Messenger, memungkinkan penggunaannya dalam berbagai hal, mulai dari pesan hingga pengiriman foto.

Ia juga memberikan panduan instalasi WhatsApp Bisnis kepada para peserta pelatihan.

Acara pelatihan melibatkan tiga dosen dari IIB Darmajaya sebagai pemateri, yaitu Cahyani Pratisti, S.Pi., MBA., yang memaparkan Sosialisasi Pemasaran dan Keuangan Digital, Muhammad Saputra, S.E., M.M., yang memberikan pelatihan tentang penggunaan WhatsApp Bisnis, dan Rico Elhando Badri, M.E., yang memberikan pelatihan tentang pemanfaatan QRIS.

Pelatihan ini diikuti oleh sejumlah pelaku usaha kantin di lingkungan IIB Darmajaya.

Putra menjelaskan bahwa saat ini, WhatsApp Bisnis memiliki tiga fitur pesan otomatis, termasuk Greeting message, yang berguna sebagai pesan otomatis saat konsumen pertama kali menghubungi akun WA Bisnis.

Ada juga fitur Quick replies, yang memungkinkan balasan cepat untuk pesan-pesan serupa atau pertanyaan yang sering diajukan (FAQ), serta fitur Away message, yang dapat mengirimkan respons otomatis kepada konsumen di luar jam operasional atau ketika sedang sibuk.

Putra menambahkan bahwa keuntungan WhatsApp Bisnis meliputi efektivitas dalam pemasaran, biaya yang terjangkau, dan kemampuan untuk berkomunikasi secara dua arah dengan nyaman.

Sementara itu, Cahyani Pratisti, S.Pi., MBA., sebagai Ketua Tim Pelatihan Pengabdian Masyarakat, menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan ini didanai melalui hibah institusi tahun anggaran 2023.

Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pemahaman tentang digitalisasi kepada pelaku usaha atau UKM di kantin IIB Darmajaya.

Cahyani berharap melalui pelatihan ini, pelaku usaha dapat mengembangkan kemampuan dan keahlian dalam mengelola bisnis menuju era UKM Digital.

Dengan adanya pengetahuan digital ini, pelaku usaha diharapkan dapat lebih terampil dalam memanfaatkan digitalisasi untuk perkembangan usaha mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *