BERITA

Optimalkan Partisipasi Publik: KPU Tanggamus Adakan Workshop Kolaboratif dengan Media Massa untuk Pemilu 2024

216
×

Optimalkan Partisipasi Publik: KPU Tanggamus Adakan Workshop Kolaboratif dengan Media Massa untuk Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Sukseskan Pemilu 2024, KPU Tanggamus Gelar Workhshop Bersama Media Massa
Sukseskan Pemilu 2024, KPU Tanggamus Gelar Workhshop Bersama Media Massa

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus secara aktif mengambil langkah strategis dalam persiapan Pemilu 2024 dengan menggelar workshop yang melibatkan peran media massa.

Workshop yang diselenggarakan di Hotel Royal Gisting, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus pada Minggu (24/12/2023) ini dihadiri oleh sejumlah pengurus partai politik, organisasi, dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) se-Tanggamus.

Pengurus partai politik yang turut serta dalam kegiatan ini antara lain dari PKS, Partai Gelora, dan Partai Demokrat.

Sementara itu, perwakilan organisasi diantaranya adalah pengurus PWI dan berbagai organisasi lain yang aktif di wilayah Tanggamus.

Antoniyus Cahyalana, Komisioner KPU Provinsi Lampung, dalam sambutannya menyampaikan bahwa jurnalis memiliki peran krusial sebagai mitra kerja KPU dalam menjalankan Pemilu.

Baca Juga:  Upaya Pencegahan Konflik: Dorongan untuk Respons Cepat Polisi Terhadap Ancaman Terhadap Perangkat Desa Peniangan Lampung Timur

“Media massa itu juga memiliki peran penting dalam menyajikan berita yang berimbang sehingga dapat memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat,” ungkap Antoniyus Cahyalana.

Sylvia Wulansari, Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Lampung, juga menekankan peran KPID sebagai pemantau dan pengawas pemberitaan terkait kegiatan Pemilu yang disiarkan melalui televisi dan radio.

“Dalam pengawasan ini, KPID Lampung juga terhubung dengan Kominfo,” tambah Sylvia.

Di sisi lain, Candra Irawan, yang mewakili Ketua PWI Kabupaten Tanggamus, memberikan paparan mengenai peran besar media dalam menyampaikan edukasi kepada masyarakat, yang pada akhirnya dapat membantu menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

“Saya memberikan pesan kepada kawan-kawan jurnalis di Kabupaten Tanggamus agar dalam menyajikan berita, melakukan penelitian terlebih dahulu agar tidak menimbulkan konflik. Jangan mudah terpancing isu yang tidak bertanggung jawab. Lakukan pengecekan dan konfirmasi terlebih dahulu terhadap objek berita agar tidak menimbulkan berita palsu,” kata Candra.

Baca Juga:  Terima Gugatannya Ditolak MK, Ganjar ke Prabowo-Gibran: Selamat Bekerja untuk Pemenang

Workshop ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara KPU, partai politik, dan media massa dalam rangka menciptakan Pemilu 2024 yang transparan, adil, dan sukses.

Melalui kolaborasi ini, diharapkan masyarakat dapat mendapatkan informasi yang akurat dan bermanfaat untuk membuat keputusan yang cerdas dalam proses demokrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *