BERITA

Optimalkan Kolaborasi Skala Nasional: Prodi Teknologi Rekayasa Internet dari Polinela, UGM, dan PENS Merajut Rencana Bersama untuk Membangun Sinergi

41
×

Optimalkan Kolaborasi Skala Nasional: Prodi Teknologi Rekayasa Internet dari Polinela, UGM, dan PENS Merajut Rencana Bersama untuk Membangun Sinergi

Sebarkan artikel ini
Bangun Sinergi di Tingkat Nasional, Prodi Teknologi Rekayasa Internet Polinela, UGM, dan PENS Galang Strategi Bersama
Bangun Sinergi di Tingkat Nasional, Prodi Teknologi Rekayasa Internet Polinela, UGM, dan PENS Galang Strategi Bersama

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada tanggal 24-25 November 2023, Gedung Pasca Sarjana Politeknik Elektronika Negeri Surabaya menjadi saksi pertemuan strategis antara Program Studi (Prodi) Teknologi Rekayasa Internet (TRI) dari Politeknik Negeri Lampung (Polinela), Universitas Gajah Mada (UGM), dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing Prodi TRI, dengan tujuan utama merumuskan strategi bersama guna meningkatkan daya saing lulusan di tingkat nasional, menciptakan inovasi, dan memperkuat jejaring antar lembaga pendidikan tinggi.

Ir. Imam Asrowardi, S. Kom., M. Kom., M. Pd., IPM., ASEAN Eng, yang mewakili Prodi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Internet Polinela, menegaskan komitmen Polinela untuk bersama-sama mengembangkan program studi TRI agar lebih relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

“Melalui sinergi ini, kami percaya dapat menciptakan lulusan yang siap bersaing di pasar kerja Nasional dan Global,” ujarnya.

Moch. Zen Samsono Hadi, S.T., M.Sc., Ph., bersama tim dari PENS, dan Dr. Ronald Adrian S.T., M.Eng. bersama tim dari Sekolah Vokasi UGM, juga menyampaikan komitmen serupa.

Mereka menegaskan bahwa kerjasama ini akan melibatkan berbagai kegiatan, termasuk penyusunan program kerja yang akan diwadahi dalam Asosiasi Prodi Rekayasa Internet, Jaringan, dan Komputer (APRIJA).

Salah satu inisiatif dari sinergi ini adalah pembentukan APRIJA Publisher sebagai wadah publikasi jurnal.

Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan visibilitas riset dan karya ilmiah di bidang teknologi rekayasa internet.

Sinergi ini juga mencakup kolaborasi dalam pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) bersama untuk memastikan pencapaian prestasi dan standar kualitas yang tinggi.

Pertemuan ini diakhiri dengan semangat bersama untuk terus mengoptimalkan kerjasama lintas lembaga demi meningkatkan kualitas pendidikan dan kontribusi aktif terhadap kemajuan teknologi rekayasa internet di Indonesia.

Komitmen dari ketiga lembaga pendidikan tinggi ini memberikan harapan baru dalam memajukan dunia teknologi rekayasa internet, memastikan lulusan yang unggul, dan merangsang inovasi di tingkat nasional.