BERITANASIONAL

Menyongsong Era Digital: Polinela dan Bank Indonesia Membuka Pelatihan Onboarding untuk UMKM Lampung 2023

159
×

Menyongsong Era Digital: Polinela dan Bank Indonesia Membuka Pelatihan Onboarding untuk UMKM Lampung 2023

Sebarkan artikel ini
Menyongsong Era Digital Polinela dan Bank Indonesia Membuka Pelatihan Onboarding untuk UMKM Lampung 2023
Menyongsong Era Digital Polinela dan Bank Indonesia Membuka Pelatihan Onboarding untuk UMKM Lampung 2023

Media90 – Politeknik Negeri Lampung (Polinela) dan Bank Indonesia Perwakilan Lampung telah mengadakan kegiatan Onboarding UMKM Lampung 2023 dengan tujuan utama mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Provinsi Lampung.

Opening Ceremony kegiatan ini berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting pada Senin (19/6/2023), dihadiri oleh Direktur Polinela, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Lampung, serta para peserta UMKM.

Prof. Dr. Ir. Sarono, M.Si, Direktur Politeknik Negeri Lampung, menyampaikan rasa terima kasih kepada Bank Indonesia atas kerjasama dalam pengembangan UMKM di Provinsi Lampung.

Ia menyebut kegiatan Onboarding UMKM Lampung 2023 sebagai acara yang sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM.

Prof. Sarono berharap bahwa para peserta kegiatan ini dapat memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan agar menjadi pengusaha yang handal dan kompetitif.

Prof. Sarono menjelaskan bahwa saat ini UMKM memainkan peran penting dalam perekonomian nasional, dan pelaku UMKM perlu terus meningkatkan pengetahuan mereka untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Meskipun UMKM saat ini beroperasi dalam skala kecil, dengan manajemen yang baik dan penerapan sains dan teknologi, potensi mereka untuk menjadi UMKM yang lebih besar sangatlah besar.

Banyak kasus sukses dimulai dari UMKM yang akhirnya berkembang menjadi perusahaan besar.

Politeknik Negeri Lampung, sebagai kampus vokasi yang mengkhususkan diri dalam pengembangan keterampilan, telah melatih banyak mahasiswa untuk menjadi lebih terampil di berbagai bidang UMKM.

Prof. Sarono menekankan bahwa Polinela memiliki ahli di setiap bidang UMKM, mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, hingga teknik.

Selain itu, Polinela juga menawarkan Program Studi Perjalanan Pariwisata dan Pengelolaan Perhotelan, yang memungkinkan pelaku UMKM untuk berdiskusi dan berkolaborasi langsung dengan ahli di bidang tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung, yang diwakili oleh Kepala Implementasi KEKDA, Hendra, menjelaskan bahwa kegiatan Onboarding UMKM ini akan berlangsung selama tiga bulan, terdiri dari satu bulan edukasi dan dua bulan pendampingan.

Tujuan dari pelatihan ini adalah agar para pelaku UMKM dapat berhasil dalam pemasaran digital, menjadi lebih aktif, berdaya saing, dan mampu meningkatkan penjualan.

Eko Win Kenali, S.Kom., M.Cs., Ketua Pelaksana kegiatan dan Wakil Direktur IV Bidang Kerjasama Politeknik Negeri Lampung, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Polinela dan Bank Indonesia dalam mendigitalisasi UMKM di Lampung.

Tujuan utama adalah memungkinkan pelaku usaha untuk menjual dan memasarkan produk mereka melalui platform digital dan media sosial.

Lebih lanjut, Eko menyebut bahwa kegiatan Onboarding UMKM Lampung 2023 diikuti oleh 125 peserta yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas unggul dan kelas potensial.

Kelas unggul terdiri dari 25 peserta yang telah lulus program Onboarding pada tahun sebelumnya dan akan mendapatkan materi tentang manajemen pemasaran digital.

Sedangkan, kelas potensial diikuti oleh 100 peserta yang akan belajar dasar-dasar pemasaran digital.

Eko berharap bahwa hasil dari pelatihan ini akan memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan ekonomi, khususnya di Provinsi Lampung.

Para peserta diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh untuk memajukan usaha mereka dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi UMKM di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *