BERITA

Menjelajahi Keterlibatan Masyarakat di Mesuji: Rektor Unila Menandatangani Kerjasama dengan Pemerintah Daerah, Memperhatikan Inisiatif Mahasiswa

33
×

Menjelajahi Keterlibatan Masyarakat di Mesuji: Rektor Unila Menandatangani Kerjasama dengan Pemerintah Daerah, Memperhatikan Inisiatif Mahasiswa

Sebarkan artikel ini
Kunjungi KKN di Mesuji, Rektor Unila Teken Kerjasama Dengan Pemkab Hingga Soroti Program Mahasiswa
Kunjungi KKN di Mesuji, Rektor Unila Teken Kerjasama Dengan Pemkab Hingga Soroti Program Mahasiswa

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Selasa, 30 Januari 2024, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., Rektor Universitas Lampung (Unila), beserta jajarannya, melaksanakan kunjungan ke lokasi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa di Mesuji.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Lusmeilia Afriani menyatakan bahwa kunjungan ini merupakan upaya untuk mempererat hubungan antara pimpinan Unila dengan pemerintah daerah.

Tujuan utamanya adalah untuk membentuk kolaborasi yang berdampak positif bagi kedua belah pihak.

Rektor Unila juga memberikan perhatian khusus pada program KKN yang lebih menitikberatkan pada penanaman rasa cinta terhadap tanah Lampung.

Hal ini dicapai melalui pengalaman belajar langsung di tengah masyarakat, dengan harapan dapat menghubungkan konsep-konsep akademis dengan realitas kehidupan sehari-hari.

Prof. Lusmeilia Afriani menjelaskan, “Program ini mencerminkan pengetahuan teori yang disatukan dengan pengalaman lapangan, mampu membentuk karakter mahasiswa dan meningkatkan rasa percaya diri dalam menghadapi kehidupan sosial kemasyarakatan.”

Sementara itu, Plt Bupati Mesuji, Sulpakar, dengan hangat menyambut kedatangan Rektor Unila. Ia menyoroti bahwa program KKN Unila menjadi jembatan sinergi antara institusi pendidikan dan Pemerintah Kabupaten Mesuji.

“Melalui kegiatan ini, masyarakat desa dapat mendapatkan bantuan dengan inovasi yang dibawa oleh mahasiswa,” ungkap Sulpakar.

Bupati berharap bahwa mahasiswa dapat mengambil pembelajaran berharga, mengembangkan kreativitas, kemandirian, meningkatkan jiwa sosial, dan literasi pendidikan.

Riwayat melaporkan bahwa jumlah mahasiswa KKN Unila pada periode pertama tahun 2024 di Mesuji mencapai 590 mahasiswa, tersebar di seluruh desa di Mesuji.

Selain melaksanakan program KKN, Unila dan Pemkab Mesuji juga menandatangani perjanjian kerjasama antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unila dengan beberapa stakeholder Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Mesuji.

Stakeholder tersebut termasuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mesuji, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Mesuji, Dinas Ketahanan Pangan Mesuji, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Mesuji, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mesuji.