BERITA

Meningkatkan Aktivitas UMKM Selama Liburan Iduladha

80
×

Meningkatkan Aktivitas UMKM Selama Liburan Iduladha

Sebarkan artikel ini
Meningkatkan Aktivitas UMKM Selama Liburan Iduladha
Meningkatkan Aktivitas UMKM Selama Liburan Iduladha

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Libur panjang Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah telah meningkatkan aktivitas ekonomi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Lampung.

Asrian Hendi Caya, seorang pengamat ekonomi dari Universitas Lampung (Unila), percaya bahwa mobilitas tinggi masyarakat selama liburan ini memberikan peluang bagi UMKM untuk menarik lebih banyak pengunjung dan pembeli.

“Liburan adalah bagian dari kehidupan modern, termasuk selama liburan panjang Iduladha kali ini. Peningkatan aktivitas ekonomi akibat tingginya jumlah pengunjung akan memberikan dampak positif,” kata Asrian pada hari Minggu, 2 Juli 2023.

Libur panjang Iduladha seharusnya dimanfaatkan secara maksimal oleh UMKM untuk memamerkan produk mereka.

Hal ini dikarenakan pasar baru akan muncul ketika orang-orang berkumpul di satu tempat, seperti lokasi wisata.

“Setiap liburan menjadi momen bagi pariwisata. Pada saat yang sama, kumpulan orang ini memiliki potensi untuk memasarkan produk, terutama oleh para pedagang suvenir dan kuliner,” katanya.

Pengamat ekonomi Unila lainnya, Yoke Moelgini, menyatakan bahwa pengembangan potensi ekonomi UMKM membutuhkan dukungan dari pemerintah agar mencapai potensi maksimal.

“Untuk memperluas manfaat ekonomi, dukungan dari pemerintah daerah diperlukan. Misalnya, pengaturan lokasi atau pendirian pusat UMKM agar lebih mudah diakses dan terorganisir,” katanya.

Kapasitas UMKM juga perlu terus ditingkatkan melalui pembinaan. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan kualitas produk dan daya saing sumber daya UMKM.

“Pembinaan sangat penting untuk memajukan UMKM dan meningkatkan daya saing mereka,” tambahnya.