BERITA

Menghidupkan Kembali Usaha Ternak Jangkrik dengan Sistem Kontrol Suhu IoT: Inovasi dari Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia

179
×

Menghidupkan Kembali Usaha Ternak Jangkrik dengan Sistem Kontrol Suhu IoT: Inovasi dari Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Bangun Sistem IoT Pengaturan Suhu untuk Perternakan Jangkrik
Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Bangun Sistem IoT Pengaturan Suhu untuk Perternakan Jangkrik

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Sabtu, 29 Juli 2023, Angga Saputra Dinata, seorang mahasiswa dari program studi Teknik Komputer Universitas Teknokrat Indonesia (UTI), berhasil mengembangkan sebuah sistem inovatif dalam pengaturan suhu dan kelembaban pada box jangkrik.

Lokasi pelaksanaan proyek ini adalah Zain Mulya Farm, peternakan jangkrik yang terletak di Jalan Zulkarnaen Subing, Kecamatan Telukbetung Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Meskipun Zain Mulya Farm telah mencapai tingkat produksi yang memuaskan dalam budidaya jangkrik, tantangan utama yang dihadapi adalah ketidakmampuan untuk mengontrol suhu dan kelembaban di dalam kotak tempat jangkrik hidup.

Hal ini berdampak negatif pada produktivitas dan biaya operasional peternakan. Dalam usaha untuk mengatasi masalah ini, Angga Saputra Dinata dan timnya menggunakan konsep Internet of Things (IoT).

Dengan memanfaatkan sensor suhu dan kelembaban DHT22 serta mikrokontroler ESP32, yang didukung oleh bimbingan dari dosen pembimbing Ajeng Savitri Puspa Ningrum, M.Kom., mereka berhasil merancang dan mengimplementasikan sistem otomatis yang dapat mengontrol suhu dan kelembaban di dalam kotak jangkrik.

Ini memberikan dampak signifikan terhadap kualitas dan produksi jangkrik, yang memiliki peran penting dalam sektor pakan hewan peliharaan.

Proyek ini memperkenalkan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam konteks pemeliharaan peternakan, yang sebelumnya belum pernah diterapkan di Zain Mulya Farm.

Melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat, tujuan utama proyek ini adalah untuk mengembangkan peternakan Zain Mulya Farm melalui peningkatan pengetahuan peternak dalam budidaya jangkrik.

Pendekatan yang digunakan mencakup implementasi, penyuluhan, dan contoh nyata untuk memberikan pemahaman teknis kepada peternak.

Kegiatan ini melibatkan bimbingan dan pelatihan langsung kepada peternak untuk memastikan penerapan pengetahuan yang diberikan.

Diskusi dan konsultasi dilakukan secara berkala untuk memastikan efektivitas dan kelancaran program ini. Evaluasi dilakukan dalam tiga tahap: pra-kegiatan, pelatihan, dan pendampingan.

Hasil dari proyek ini menunjukkan bahwa melalui penyuluhan dan pendampingan, peternak dapat mengoptimalkan proses budidaya jangkrik dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan efektif.

Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM., Wakil Rektor UTI, memberikan apresiasi atas dedikasi dan kinerja Angga Saputra dalam mengembangkan solusi yang inovatif dan praktis.

Harapannya, prestasi ini akan memberikan dampak positif tidak hanya dalam bidang pertanian, tetapi juga menginspirasi mahasiswa lain untuk menerapkan teknologi demi kesejahteraan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *