BERITA

Menghadapi Tantangan Sampah, Wali Kota Eva Dwiana Perkuat Pasukan Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup

66
×

Menghadapi Tantangan Sampah, Wali Kota Eva Dwiana Perkuat Pasukan Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup

Sebarkan artikel ini
Atasi Sampah, Wali Kota Eva Dwiana Tambah Armada Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup
Atasi Sampah, Wali Kota Eva Dwiana Tambah Armada Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pemerintah Kota Bandar Lampung kembali mengambil langkah proaktif dalam menangani persoalan sampah dengan penambahan armada kebersihan.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mendapatkan suntikan tenaga baru berupa 9 truk dan 16 pickup, yang diharapkan akan meningkatkan efisiensi operasional pengangkutan sampah di seluruh Kota Bandar Lampung.

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, mengungkapkan harapannya terkait penambahan ini. Saat ini, jumlah mobil yang dimiliki oleh DLH sekitar 75 unit.

“Mudah-mudahan dengan penambahan unit baru ini tidak ada lagi sampah-sampah yang bertebaran di Kota Bandar Lampung,” ujar Eva Dwiana pada Senin (27/11/2023).

Peningkatan jumlah armada ini tidak hanya berhenti pada truk dan pickup. Pemerintah Kota Bandar Lampung juga memberikan 22 kendaraan dinas berupa motor kepada kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) DLH Bandar Lampung.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemantauan sampah hingga ke gang-gang di tengah pemukiman.

Eva Dwiana menjelaskan alasan di balik pemberian kendaraan dinas kepada kepala UPT. “Kepala UPT diberikan kendaraan dinas agar bisa keliling dan berkolaborasi dengan lurah, serta camat untuk mengatasi sampah di Bandar Lampung,” tambahnya.

Kepala DLH Bandar Lampung, Budiman P Mega, memaparkan bahwa anggaran sebesar Rp7,2 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan dialokasikan untuk pengadaan 22 motor, 16 pickup, dan 9 truk baru.

Mobil-mobil ini tidak hanya bertujuan sebagai penambahan, melainkan juga untuk menggantikan mobil yang sudah mengalami kerusakan sedang.

“Total mobil pengangkut sampah ada 115 unit, tapi yang layak 75 unit. Yang lainnya rusak berat dan sudah dilakukan penghapusan. Jadi, dengan bertambahnya mobil baru ini, kita dapat menggantikan mobil yang rusak sedang,” terang Budiman.

Budiman juga menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan jumlah armada pengangkut sampah.

Tujuannya jelas: mencegah terjadinya penumpukan sampah di kota dan memastikan semua sampah diangkut dengan baik ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung.

“Dengan idealnya mencapai 150 mobil pengangkut sampah di Bandar Lampung, kita berharap dapat menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman, dan berkelanjutan bagi seluruh warga,” pungkas Budiman.

Upaya ini diharapkan dapat membantu Bandar Lampung menuju kota yang ramah lingkungan dan bebas sampah.