BERITA

Membumikan Ramadhan: CCEP Ajak 15 Pondok Pesantren Peduli Lingkungan Melalui Pengelolaan Sampah

19
×

Membumikan Ramadhan: CCEP Ajak 15 Pondok Pesantren Peduli Lingkungan Melalui Pengelolaan Sampah

Sebarkan artikel ini
Gema Ramadan, Bangun Kesadaran Lingkungan CCEP Gandeng 15 Pondok Pesantren Kelola Sampah
Gema Ramadan, Bangun Kesadaran Lingkungan CCEP Gandeng 15 Pondok Pesantren Kelola Sampah

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) telah sukses menggelar serangkaian kegiatan bersama 15 pondok pesantren terpilih di seluruh Indonesia dari tanggal 26 hingga 28 Maret 2024.

Program ini, diberi judul “Ramadan Bersih, Ramadan Suci”, dirancang dengan tujuan menyatukan nilai-nilai kebersamaan dan keberlanjutan lingkungan.

Pesantren dipilih sebagai mitra dalam program ini karena peran pentingnya dalam membentuk karakter dan meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan santri.

Lucia Karina, Direktur PACS CCEP Indonesia, menyatakan, “Melalui ‘Ramadan Bersih, Ramadan Suci’, kami ingin mendorong para santri menjadi agen perubahan dalam komunitas mereka, memahami pentingnya dan mengadopsi nilai-nilai penting tentang kebersihan dan keberlanjutan lingkungan melalui pentingnya pengumpulan sampah yang bertanggung jawab.”

Kegiatan ini meliputi workshop pengelolaan sampah untuk mendidik para santri tentang pentingnya pemilahan sampah dan pembentukan bank sampah, serta buka puasa bersama yang mempererat ikatan antara santri dan staf pesantren.

Kegiatan ini dilaksanakan di 15 pondok pesantren yang tersebar mulai dari Medan, Padang, Lampung, Bandung, Magelang, hingga Pasuruan.

Total 4.950 santri ikut serta dalam program pelatihan ini. Selain itu, 23 tempat sampah juga diserahterimakan, sebagai langkah konkret dalam mengedukasi dan mendorong praktik pengelolaan lingkungan yang lebih baik.

Respons positif datang dari pesantren-pesantren yang terlibat. Salah satunya adalah Pesantren Bustanul Yaqin di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, yang menyambut baik kegiatan pelatihan pengelolaan sampah ini.

DR. H. Zainal Tk Mudo, M.Ag, Pimpinan Pondok Pesantren Bustanul Yaqin, menyatakan harapannya agar kegiatan semacam ini dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Acara tersebut dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Rektor Universitas Tamansiswa Padang, Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Provinsi Sumatera Barat, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Padang Pariaman, yang semuanya memberikan inspirasi dalam workshop terkait penanganan sampah.

Workshop pengelolaan sampah ini sejalan dengan fokus CCEP Indonesia terkait rencana aksi keberlanjutan yang tertuang dalam komitmen global “This is Forward”.

Sebagai perusahaan pembotolan dan distribusi minuman kemasan, CCEP Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan praktek ekonomi sirkular.

Selain itu, pada tanggal 26 Maret, CCEP Indonesia juga menggelar buka puasa bersama karyawan dan panti asuhan di 11 area operasional di seluruh Indonesia, menunjukkan komitmen mereka terhadap kebersamaan dan dukungan komunitas di bulan Ramadan yang penuh berkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *