BERITA

Melacak Kilat: Eksperimen Kelas Percobaan Prodi Sains Data IIB Darmajaya Menggali Harta Data namun Berkelimpahan Minim Informasi

122
×

Melacak Kilat: Eksperimen Kelas Percobaan Prodi Sains Data IIB Darmajaya Menggali Harta Data namun Berkelimpahan Minim Informasi

Sebarkan artikel ini
Prodi Sains Data IIB Darmajaya Trial Class Kaya Data dan Miskin Informasi
Prodi Sains Data IIB Darmajaya Trial Class Kaya Data dan Miskin Informasi

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Program Studi (Prodi) Sains Data di Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya telah menggelar sebuah trial class yang menarik berjudul “Kaya Data, Miskin Informasi Apaan tuhh..!” yang berlangsung di Co-Working Space pada Selasa (8/8/2023).

Acara ini dirancang khusus untuk memberikan pemahaman kepada calon mahasiswa baru mengenai Prodi Sains Data.

Pada trial class tersebut, narasumber utama adalah Nurjoko, S.Kom., M.T.I., yang dihadiri oleh para calon mahasiswa baru Prodi Sains Data.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Ketua Prodi Sains Data, Hendra Kurniawan, S.Kom., M.T.I., serta seluruh tenaga pengajar Prodi Sains Data.

Hendra Kurniawan, Ketua Prodi Sains Data IIB Darmajaya, menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan Prodi Sains Data kepada calon mahasiswa baru.

Sebagai sebuah Prodi yang baru, trial class ini memberikan gambaran mengenai mata kuliah yang akan dihadapi oleh calon mahasiswa baru Prodi Sains Data ketika memulai perkuliahan.

Salah satu manfaat dari trial class ini adalah para calon mahasiswa baru dapat berinteraksi langsung dengan para dosen Prodi Sains Data.

Sebaliknya, para dosen juga memiliki kesempatan untuk mengenal lebih dekat calon mahasiswa, sehingga diharapkan proses adaptasi saat memasuki perkuliahan bisa berlangsung lebih lancar.

Selama acara tersebut, Nurjoko menyampaikan informasi mengenai perkembangan teknologi yang diiringi dengan melimpahnya data di dunia digital.

Ia mencatat bahwa pengguna internet baik di Indonesia maupun global mengalami peningkatan setiap tahun, seiring dengan pertumbuhan media sosial.

Nurjoko menekankan bahwa dalam situasi dimana data begitu melimpah, tidak semua informasi yang ada di dunia digital dapat dianggap benar.

Banyak informasi yang tidak relevan atau sudah tidak berguna, dan pemilahan data yang valid masih kurang dilakukan.

Oleh karena itu, kemampuan analisis data yang baik menjadi sangat penting di era saat ini.

Prodi Sains Data hadir untuk menjawab tantangan zaman ini dengan menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dalam pengolahan dan analisis data di lingkungan IIB Darmajaya.

Insight yang dihasilkan dari analisis dan olah data ini memiliki banyak manfaat, baik untuk pelaku bisnis, instansi swasta, pemerintah, maupun kepentingan negara secara keseluruhan.

Kini, setiap bidang memerlukan individu yang kompeten dalam bidang data, seperti data analyst, data engineer, data visualizer, dan peran lainnya.

Ini adalah peluang besar bagi para calon mahasiswa untuk menjadi bagian dari bidang yang krusial ini.

Prodi Sains Data di IIB Darmajaya siap untuk mempersiapkan para mahasiswa menjadi ahli di bidang ini, menghadapi tantangan masa depan yang semakin bergantung pada data.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *