BERITA

Mekanik Handal Honda Raden Intan Bandar Lampung Berbagi Tips untuk Memperpanjang Umur Motor Honda CBR250R Anda!

31
×

Mekanik Handal Honda Raden Intan Bandar Lampung Berbagi Tips untuk Memperpanjang Umur Motor Honda CBR250R Anda!

Sebarkan artikel ini
Ingin Motor Honda CBR250R Awet, Yuk Ikuti Tips dari Mekanik Honda Raden Intan Bandar Lampung ini
Ingin Motor Honda CBR250R Awet, Yuk Ikuti Tips dari Mekanik Honda Raden Intan Bandar Lampung ini

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Sebagai salah satu sepeda motor yang populer di kalangan pria, Honda CBR 250R tetap menjadi pilihan utama karena memberikan kesan gagah dan sporty bagi pengendaranya.

Namun, agar performa motor tetap optimal dan awet, perawatan yang baik menjadi kunci utama.

Menurut Bekti Mashuri, seorang mekanik berpengalaman dari Honda Raden Intan Bandar Lampung, perawatan rutin seperti servis dan penggantian oli menjadi hal yang krusial.

Salah satu komponen yang perlu diperhatikan dengan seksama adalah filter oli.

“Fungsi filter oli itu sebagai penyaring. Jika filter oli rusak, kotoran dapat masuk ke celah-celah mesin lagi,” ungkap Bekti.

Ini bisa berdampak pada kondisi oli yang mudah kotor, yang pada gilirannya berpotensi merugikan mesin, terutama bagi beberapa bearing yang membutuhkan oli sebagai bantalannya.

Bekti menekankan bahwa bagian yang paling rentan terkena dampak adalah metal atau journal bearing di kruk as, connecting road (setang seher), dan camshaft (noken as).

Oli yang kotor dapat menghambat putaran optimal pada komponen-komponen tersebut, bahkan dalam kasus yang parah dapat menyebabkan macet.

Untuk mencegah hal ini, pemilik Honda CBR 250R disarankan untuk rutin mengganti filter oli setiap tiga kali penggantian oli.

Filter oli yang bersih akan membantu menjaga kebersihan oli dan mencegah kotoran merusak mesin.

Selain filter oli, kekentalan dan kualitas oli juga perlu diperhatikan dengan seksama. Mengingat metal bearing pada Honda CBR 250R rawan macet jika menggunakan oli yang tidak sesuai, pemilihan oli yang tepat menjadi sangat penting.

Disarankan untuk mengikuti standar pabrikan, yaitu oli dengan viskositas 10W-30, dan paling maksimal 10W-40. Penggunaan oli full sintetis juga dapat meningkatkan performa dan umur mesin secara keseluruhan.

Dengan perawatan yang tepat, pemilik Honda CBR 250R dapat memastikan bahwa motor kesayangan mereka tetap beroperasi secara optimal dan awet dalam setiap perjalanan.