BERITA

Capaian Kilat: Gubernur Arinal Ungkap Prestasi Pembangunan Lampung di Puncak Tahun 2023

43
×

Capaian Kilat: Gubernur Arinal Ungkap Prestasi Pembangunan Lampung di Puncak Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Gubernur Arinal Paparkan Capaian Pembangunan Lampung dalam Refleksi Akhir Tahun 2023
Gubernur Arinal Paparkan Capaian Pembangunan Lampung dalam Refleksi Akhir Tahun 2023

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Senin (18/12/2023), Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, memaparkan berbagai capaian pembangunan Provinsi Lampung dalam acara Refleksi Akhir Tahun 2023.

Acara ini digelar di Ballroom Hotel Novotel, Bandarlampung, sebagai wujud penjelasan resmi terhadap kerja-kerja Pemerintah Provinsi Lampung selama kurun waktu empat tahun lebih, dari akhir tahun 2019 hingga saat ini.

Arinal menjelaskan bahwa meskipun dihadapkan pada tantangan serius seperti pandemi Covid-19 pada tahun 2020, pembangunan di Provinsi Lampung tetap mengalami perkembangan yang sangat signifikan.

Ia menekankan bahwa kebijakan pembatasan sosial masyarakat, meskipun memberikan dampak terhadap pergerakan ekonomi global, tidak menghentikan semangat untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang positif.

“Pada akhir tahun 2021, perekonomian daerah berhasil bangkit perlahan, menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang positif. Ini terutama berkat kontribusi sektor pertanian yang tangguh dan perkembangan sektor teknologi informasi yang pesat,” ungkap Arinal.

Menurut Gubernur, tahun 2022 dan 2023 menjadi periode di mana pembangunan ekonomi, sosial, infrastruktur, dan lingkungan terus membaik.

Arinal merinci bahwa pertumbuhan ekonomi pada triwulan III 2023 mencapai 4,27 persen dan diproyeksikan mencapai 4,50 persen pada akhir tahun.

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung diindikasikan oleh sektor pertanian yang tetap menjadi tulang punggung ekonomi.

Arinal menjelaskan bahwa pada Triwulan II Tahun 2022, perekonomian Lampung tumbuh sebesar 9,12 persen, mencatatkan pertumbuhan tertinggi di Indonesia.

Untuk mendukung sektor pertanian, Gubernur Arinal meluncurkan Program Kartu Petani Berjaya (KPB), sebuah inisiatif untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui pendekatan digital.

Tak hanya dalam sektor ekonomi, Lampung juga berhasil memperkuat posisinya sebagai destinasi wisata.

Hingga September 2023, jumlah kunjungan wisatawan mencapai 10,26 juta, meningkat 123% dibandingkan tahun sebelumnya.

Provinsi Lampung bahkan menempati peringkat ketiga sebagai daerah kunjungan wisata terbesar di Sumatera.

Dalam bidang pembangunan sosial, Lampung mencatat pencapaian luar biasa, terutama dalam Capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mencapai 72,48 pada tahun 2023.

Angka kemiskinan juga mengalami penurunan signifikan sebesar 1,51 persen, menempatkan Lampung sebagai salah satu provinsi dengan penurunan kemiskinan terbanyak.

Arinal juga menyoroti pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi, dan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Pada tahun 2023, pemerintah provinsi menangani 17 ruas jalan sepanjang 104 KM, mencapai peningkatan signifikan dalam kemantapan jalan provinsi.

Dalam hal reformasi birokrasi, Pemerintah Provinsi Lampung meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan meningkatkan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) serta Monitoring Center for Prevention (MCP).

Tidak hanya itu, Provinsi Lampung mendapatkan penghargaan dari KPK-RI sebagai Pemerintah Daerah yang berdedikasi Tinggi dalam Pemberantasan Korupsi.

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Provinsi Lampung juga mendapatkan peringkat tertinggi di Sumatera dan peringkat keempat di Indonesia.

Pada aspek lingkungan, Lampung mencapai pencapaian luar biasa dengan penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 12,94% dan peningkatan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup sebesar 13,29 poin. Capaian ini melebihi target yang ditetapkan oleh Kementerian LHK.

Sebagai penutup, Gubernur Arinal menegaskan bahwa semua capaian ini tidak terlepas dari dukungan penuh Pemerintah Pusat, kabupaten/kota, serta semua stakeholders dan masyarakat Lampung.

Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada semua komponen masyarakat yang terlibat aktif dalam pembangunan Provinsi Lampung.

Acara Refleksi Akhir Tahun 2023 turut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Kapolda Provinsi Lampung, Jajaran Forkopimda Provinsi Lampung, Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung, Pimpinan Instansi Vertikal, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, serta undangan lainnya.

Dengan total 140 penghargaan yang diraih sejak Juni 2019, kinerja Gubernur Lampung mendapatkan apresiasi tinggi sebagai bukti keberhasilan pembangunan yang terencana dan terpadu.