BERITA

Mahasiswi Sistem Informasi Darmajaya Inovasi Sistem Informasi Layanan Web untuk Polres Lampura

183
×

Mahasiswi Sistem Informasi Darmajaya Inovasi Sistem Informasi Layanan Web untuk Polres Lampura

Sebarkan artikel ini
Mahasiswi Sistem Informasi Darmajaya Ciptakan Sistem Informasi Layanan pada Polres Lampura Berbasis Web
Mahasiswi Sistem Informasi Darmajaya Ciptakan Sistem Informasi Layanan pada Polres Lampura Berbasis Web

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Senin (28/8/2023), Luh Yunika Puspitaloka, seorang mahasiswi dari Program Studi Sistem Informasi di Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, sukses menyelesaikan tugas akhirnya yang mengambil peran penting dalam pelayanan publik.

Dalam pengerjaannya, ia menciptakan sebuah Sistem Informasi Layanan berbasis web yang diimplementasikan di Polres Lampung Utara.

Dalam perjalanan pembuatan tugas akhirnya, Luh Yunika Puspitaloka mendapat bimbingan dari Rini Nurlistiani, S.Kom., M.T.I. selama satu semester.

Hasil dari kerja kerasnya ini diharapkan akan membawa dampak positif dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya dalam hal pelaporan kehilangan dan pengaduan di wilayah Polres Lampung Utara.

Sebelum adanya sistem yang dikembangkan oleh Luh Yunika Puspitaloka, pelaporan kehilangan dan pengaduan di Polres Lampung Utara masih dilakukan secara manual.

Dengan sistem baru yang dibuatnya, masyarakat dapat dengan mudah melaporkan kehilangan atau masalah lainnya melalui website resmi Polres Lampung Utara (http://polreslamut.infinityfreeapp.com/?i=1).

Luh Yunika Puspitaloka berharap bahwa website yang telah dibuatnya ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melaporkan kejadian-kejadian tersebut, serta mempermudah pihak kepolisian Polres Lampung Utara dalam menerima keluhan atau laporan dari masyarakat.

Rini Nurlistiani, dosen pembimbing Luh Yunika Puspitaloka, juga berharap bahwa Sistem Informasi Layanan yang telah diciptakan dapat diimplementasikan dengan baik oleh pihak Polres Lampung Utara.

Dengan adanya sistem ini, diharapkan proses administrasi surat-menyurat ke polres dapat menjadi lebih efisien, tanpa memerlukan waktu yang lama.

Selain itu, sistem ini juga dirancang untuk memungkinkan masyarakat melaporkan tindak kejahatan atau kriminal di wilayah tersebut secara real-time.

Dengan demikian, pelaporan yang dilakukan oleh masyarakat dapat segera ditangani dengan cepat oleh pihak kepolisian Polres Lampung Utara.

Dr. Wasilah, S.Kom., M.T., Ketua Prodi Sistem Informasi IIB Darmajaya, menyatakan bahwa tugas akhir yang dihasilkan oleh Luh Yunika Puspitaloka ini memiliki tujuan yang sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan kualitas layanan.

Web yang telah dibuatnya mampu mengatasi kebutuhan media pengaduan dan pengurusan surat kehilangan dengan mudah dan cepat.

Masyarakat kini dapat melaporkan pengaduan dari mana saja, memudahkan pengurusan, dan mendapatkan respons yang lebih cepat dari pihak keamanan.

Skripsi ini merupakan salah satu contoh kontribusi mahasiswa Prodi Sistem Informasi dalam membantu menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *