BERITA

Mahasiswa UTI Berperan Aktif dalam Mendukung Digitalisasi UMKM Lampung Melalui Website Inovatif

180
×

Mahasiswa UTI Berperan Aktif dalam Mendukung Digitalisasi UMKM Lampung Melalui Website Inovatif

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa UTI Kembangkan Website Dukung Digitalisasi UMKM di Lampung
Mahasiswa UTI Kembangkan Website Dukung Digitalisasi UMKM di Lampung

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia (UTI), salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di ASEAN, telah menciptakan sebuah platform website inovatif yang bertujuan untuk membantu digitalisasi usaha thrifting.

Website ini telah memperoleh sambutan hangat dari pengusaha thrifting dan konsumen yang semakin peduli terhadap lingkungan.

Proyek ini diprakarsai oleh Ahmad Az-Zaky Bahri, seorang mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UTI, yang mengambil jurusan Informatika.

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di Toko SRL.THRIFT yang berlokasi di Pesawaran Residence Cluster Flamboyan H10, Negeri Sakti, pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Ide pembuatan website thrifting ini muncul sebagai upaya mendukung tujuan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) dan kepedulian terhadap masalah lingkungan.

Zaky menjelaskan pentingnya pembelian barang bekas dalam mengurangi konsumsi yang berlebihan dan dampak negatif terhadap lingkungan.

“Dengan membeli barang bekas, masyarakat tidak hanya mengurangi konsumsi yang berlebihan. Namun dapat mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan,” ujar Zaky.

Zaky juga menjelaskan bahwa usaha thrifting, yang melibatkan pembelian dan penjualan barang bekas, semakin populer di kalangan masyarakat yang ingin berkontribusi dalam mengurangi limbah tekstil dan mendukung gaya hidup berkelanjutan.

Namun, seiring dengan meningkatnya minat dalam thrifting, banyak pengusaha kecil dan pemilik usaha kesulitan dalam memasarkan produk-produk mereka secara online.

Zaky mengungkapkan, “Website ini memungkinkan pemilik usaha thrifting untuk dengan mudah memasarkan produk mereka secara online, mencapai lebih banyak konsumen, dan memperluas jangkauan bisnis mereka.”

Dalam proses pengembangan website ini, Zaky dibimbing oleh Fenty Ariany, M.Kom. untuk menciptakan sebuah sistem yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sebelum website tersebut digunakan oleh Toko SRL.THRIFT, ia telah diuji oleh Dyah Ayu Megawaty, M.Kom., selaku ketua program studi S1 Informatika.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang konsep thrifting dan penggunaan website yang terkait.

Fenty menjelaskan, “Serta untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman para karyawan dalam memanfaatkan platform daring untuk proses thrifting, yang pada gilirannya dapat memberikan manfaat ekonomi dan lingkungan.”

Para karyawan toko SRL.THRIFT akan diberikan panduan untuk mengidentifikasi barang berkualitas yang masih memiliki nilai guna serta bagaimana melakukan penilaian terhadap kondisi barang secara teliti.

Pentingnya edukasi ini juga melibatkan pengenalan terhadap website SRL.THRIFT.

Para karyawan akan diajarkan cara menjelajahi situs web tersebut, mencari produk, melakukan transaksi, dan berinteraksi dengan pelanggan.

Fenty menambahkan, “Mereka akan diberikan panduan langkah demi langkah tentang pembuatan akun, penanganan pembayaran secara aman, serta tips untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang sukses di platform ini.”

Wakil Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM., mengapresiasi karya mahasiswa tersebut dan berharap bahwa website ini akan meningkatkan kesadaran mahasiswa dalam mendukung SDGs.

“Kami berharap hal ini akan menjadikan hidup berkelanjutan sebagai kebiasaan yang bermanfaat bagi lingkungan dan perekonomian,” terang Dr. Mahathir.

Dengan langkah ini, mahasiswa UTI telah menunjukkan kontribusi positif mereka dalam mendukung inovasi dan berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *