BERITANASIONAL

Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Menorehkan Jejak Global di Kancah Internasional

254
×

Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Menorehkan Jejak Global di Kancah Internasional

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Menorehkan Jejak Global di Kancah Internasional
Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Menorehkan Jejak Global di Kancah Internasional

Media90 – Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) telah lama dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan banyak prestasi.

Berdasarkan pemeringkatan lembaga kredibel dan terpercaya, UTI selalu mendapatkan peringkat terbaik, bahkan bersaing dengan universitas ternama di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.

Pada tahun 2023, UTI berhasil meraih peringkat keempat di ASEAN dalam Pemeringkatan Applied Higher Education ASEAN’s Private University Ranking.

Pemeringkatan ini dilakukan oleh Applied HE, lembaga pemeringkatan berbasis di Singapura, yang menilai perguruan tinggi swasta berdasarkan pembelajaran, riset, reputasi internasional, internasionalisasi, reputasi alumni, dan pengabdian kepada masyarakat.

UTI berhasil bersaing dengan universitas terkemuka seperti Binus University, Infrastructure University of Kuala Lumpur, dan Tarumanagara University.

Bahkan, dalam bidang riset, UTI berhasil menduduki posisi pertama.

Prestasi UTI tidak hanya diakui di tingkat regional, tetapi juga di tingkat internasional.

Dalam pemeringkatan terbaru dari Webometrics dalam kategori Impact, UTI menempati peringkat kedua di Asia Tenggara, hanya di bawah National University of Singapore.

UTI berada dalam barisan universitas-universitas top di Asia Tenggara seperti Chiang Mai University, Suan Sunandhan Rajabhat University, dan Nanyang Technological University.

Webometrics adalah lembaga pemeringkatan yang mengukur publikasi dan karya perguruan tinggi berdasarkan pengaruh website, kebermanfaatan karya ilmiah dosen dan mahasiswa, serta karya ilmiah yang bereputasi internasional di berbagai bidang ilmu.

Keberhasilan UTI juga tercermin dalam Times Higher Education World’s Impact Ranking 2023.

UTI mendapatkan penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Luar Pulau Jawa berdasarkan upaya perguruan tinggi dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) yang diinisiasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Times Higher Education, yang berbasis di Inggris, mengumumkan daftar 32 kampus terbaik di Indonesia dari ribuan perguruan tinggi yang ada di nusantara.

UTI mendapatkan skor yang tinggi untuk beberapa SDG, antara lain SDG 4 Pendidikan Berkualitas, SDG 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, SDG 9 Inovasi Industri, dan SDG 17 Kemitraan untuk Tujuan.

UTI dinilai telah memantapkan kolaborasi dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, dalam rangka mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan.

Selain prestasi akademik, mahasiswa UTI juga aktif berpartisipasi dalam program pertukaran pelajar internasional.

Beberapa mahasiswa UTI telah berhasil memperoleh kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar yang disponsori oleh pemerintah maupun oleh universitas mitra di berbagai negara.

Melalui program ini, mahasiswa UTI dapat mengembangkan wawasan internasional, memperluas jaringan kontak, dan meningkatkan keterampilan lintas budaya.

Salah satu contoh keberhasilan program pertukaran pelajar adalah partisipasi mahasiswa UTI dalam program Erasmus+ di Eropa.

Beberapa mahasiswa UTI mendapatkan kesempatan untuk belajar di universitas-universitas ternama seperti Universitas Oxford di Inggris, Universitas Teknologi Delft di Belanda, dan Politeknik Milan di Italia.

Selama masa pertukaran, mahasiswa-mahasiswa ini tidak hanya mengasah kemampuan akademik mereka, tetapi juga terlibat dalam kegiatan sosial dan budaya di negara tujuan.

Hal ini membantu mereka mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang budaya dan masyarakat internasional.

Selain itu, UTI juga berkomitmen untuk memperluas kemitraan dengan universitas dan lembaga pendidikan di seluruh dunia.

Melalui kerjasama ini, UTI dapat meningkatkan akses mahasiswa dan dosen untuk mengikuti program pertukaran, kolaborasi penelitian, serta pengembangan kurikulum yang relevan dengan tuntutan global.

Beberapa universitas mitra UTI yang terkenal adalah Stanford University di Amerika Serikat, University of Cambridge di Inggris, dan Seoul National University di Korea Selatan.

Dengan adanya kemitraan ini, UTI memberikan peluang yang luas bagi mahasiswanya untuk berinteraksi dengan dunia internasional dan mengembangkan diri dalam skala global.

Pencapaian UTI dalam prestasi akademik dan internasional tidak terlepas dari komitmen dan dedikasi dosen dan tenaga pendidik yang berkualitas.

UTI terus berupaya meningkatkan kualitas pengajaran dengan mengadopsi metode pembelajaran inovatif dan teknologi terkini.

Selain itu, UTI juga memberikan dukungan dan fasilitas yang memadai bagi penelitian dan pengembangan dosen, sehingga mereka dapat berkontribusi secara signifikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan pencapaian yang luar biasa ini, UTI semakin memperkuat reputasinya sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.

UTI menjadi teladan dalam memberikan pendidikan berkualitas, menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan global, serta berperan aktif dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *