BERITA

Mahasiswa KKN Unila Aktif Edukasi Pembuatan Eco Enzim untuk Masyarakat Petani di Way Kanan

30
×

Mahasiswa KKN Unila Aktif Edukasi Pembuatan Eco Enzim untuk Masyarakat Petani di Way Kanan

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa KKN Unila Sosialisasikan Pembuatan Eco Enzim ke Kelompok Tani di Way Kanan
Mahasiswa KKN Unila Sosialisasikan Pembuatan Eco Enzim ke Kelompok Tani di Way Kanan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) dari Universitas Lampung (Unila) periode satu tahun 2024 telah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan eco enzim di Kampung Tulang Bawang, Kecamatan Bahuga, Way Kanan pada Kamis (25/1/2024).

Eco enzim, sebuah cairan alami serba guna yang berasal dari fermentasi gula merah atau molase, sampah organik dari sisa buah atau sayuran, dan air bersih, menjadi fokus utama program kerja KKN Unila ini.

Eco enzim memiliki manfaat beragam, seperti sebagai hand sanitizer, sabun cuci piring, obat kumur, pupuk organik, pestisida, herbisida, serta anti radiasi.

Tema utama program KKN Unila ini adalah “Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas Masyarakat dalam Peran Nyata Berkelanjutan bagi Lingkungan Melalui Eco Enzim.”

Materi pemanfaatan dan penggunaan eco enzim dalam bidang pertanian disampaikan oleh mahasiswa Fakultas Pertanian Unila, Merdi Yansyah.

Merdi Yansyah menyatakan, “Sosialisasi dan pelatihan pembuatan eco enzim ini bertujuan mewujudkan kampung bersih. Kami berharap Kampung Tulang Bawang dapat menjadi contoh bagaimana Gapoktan dan KWT dapat berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan bersih, sehat, dan berkelanjutan.”

Agenda ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan pemerintah desa, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi lingkungan serta masyarakat setempat.

Sesi kedua kegiatan melibatkan demonstrasi pembuatan eco enzim oleh mahasiswa KKN Unila. Merdi Yansyah mempraktikkan langkah-langkah pembuatan eco enzim yang diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta pelatihan.

Ketua TP PKK Nuni Wati memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan pelatihan ini, menyebutnya sebagai program kerja mahasiswa KKN Unila yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan keterampilan masyarakat Kampung Tulang Bawang.

Sosialisasi dan pelatihan eco enzim dari mahasiswa KKN Unila diikuti dengan penuh antusias oleh peserta.

Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi sarana pembelajaran dan meningkatkan keterampilan masyarakat Kampung Tulang Bawang dalam memanfaatkan sampah organik rumah tangga secara berkelanjutan.