BERITA

KPU Lampung Goes To Campus: Dialog Publik di Universitas Teknokrat Indonesia

49
×

KPU Lampung Goes To Campus: Dialog Publik di Universitas Teknokrat Indonesia

Sebarkan artikel ini
KPU Lampung Gelar Goes To Campus di Universitas Teknokrat Indonesia
KPU Lampung Gelar Goes To Campus di Universitas Teknokrat Indonesia

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Sabtu, 28 Oktober 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung mengadakan acara KPU Goes to Campus yang dihelat di Universitas Teknokrat Indonesia (UTI).

Auditorium Gedung A kampus tersebut menjadi saksi dari paparan penting yang disampaikan oleh para Komisioner KPU tentang peran strategis pemuda dalam menyukseskan Pemilu 2024 yang akan datang.

Wakil Rektor I Universitas Teknokrat Indonesia, Achmad Yudi Wahyudin, M.Pd., yang hadir mewakili Rektor, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada KPU Provinsi Lampung atas pemilihan UTI sebagai tuan rumah acara ini.

Dalam sambutannya, Yudi mengungkapkan, “Kami sangat berterima kasih atas kehormatan ini. Acara KPU Provinsi Lampung sangat penting dalam upaya mendidik mahasiswa, sebagai generasi muda, untuk turut serta aktif dalam Pemilihan Umum 2024 mendatang.”

Selain paparan dari KPU, Yudi juga menjelaskan bahwa UTI memiliki komitmen untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan mahasiswa melalui perkuliahan khusus.

“Setiap akhir pekan, yaitu pada hari Sabtu dan Minggu, UTI selalu menyelenggarakan perkuliahan khusus dengan mengundang pembicara dari luar kampus. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan mahasiswa agar memiliki kemampuan yang lebih baik setelah lulus,” jelasnya.

Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan Parmas) KPU Provinsi Lampung, Antoniyus Cahyalana, S.I.P., M.I.P., juga memberikan penekanan pada pentingnya acara ini.

Antoni, sapaan akrabnya, mengungkapkan, “Kegiatan ini ditujukan khusus kepada para mahasiswa, terutama pemilih pemula yang berada di lingkungan kampus. Pemuda sangat dibutuhkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu Nasional, dan ini adalah langkah awal menuju perubahan yang kita harapkan untuk Indonesia.”

Antoni menjelaskan bahwa pada Pemilu 2024 nanti, pemilih di Indonesia didominasi oleh kelompok pemuda, mencapai sekitar 56%.

Oleh karena itu, kebijakan yang cerdas dan partisipasi aktif dari generasi muda sangat krusial untuk menentukan arah masa depan Indonesia.

“Di Provinsi Lampung, data kami menunjukkan bahwa 32% dari populasi adalah generasi muda, sementara Generasi Z mencapai 18%,” tambah Antoniyus.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan menonton bersama film pendek berjudul “Kejarlah Janji.”

Film ini memberikan pesan kuat bahwa meskipun masyarakat memiliki beragam pandangan dan pilihan politik, kita tetap satu, yaitu satu Indonesia yang bersatu.

Selain para komisioner KPU dan pihak universitas, kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor III, Muhammad Najib Dwi Satria, S.Kom., M.T., serta Wakil Rektor IV, Dr. Ryan Randy Suryono, S.Kom., M.Kom., dan pimpinan KPU Provinsi Lampung lainnya.

Acara ini tidak hanya menjadi kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan, tetapi juga sebagai langkah konkret dalam mempersiapkan pemuda Indonesia untuk Pemilu 2024 yang penuh tantangan.