BERITA

Kerjasama Sukses! Presiden Jokowi Dukung Misi Investasi PLN dengan 9 Perusahaan di ICBF China 2023

56
×

Kerjasama Sukses! Presiden Jokowi Dukung Misi Investasi PLN dengan 9 Perusahaan di ICBF China 2023

Sebarkan artikel ini
Wujudkan Misi Investasi, Presiden Jokowi Saksikan Kesepakatan Kerja Sama PLN dengan 9 Perusahaan di ICBF China 2023
Wujudkan Misi Investasi, Presiden Jokowi Saksikan Kesepakatan Kerja Sama PLN dengan 9 Perusahaan di ICBF China 2023

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, ke Tiongkok pada tanggal 15-18 Oktober 2023 telah menghasilkan kesepakatan bersejarah dalam sektor energi bersih.

Presiden Jokowi bersama Presiden Tiongkok, Xi Jinping, menyaksikan penandatanganan kesepakatan antara PT PLN (Persero) Indonesia dan dua perusahaan energi bersih terkemuka asal Tiongkok.

Kesepakatan ini menjadi sorotan utama pada Indonesia-China Business Forum (ICBF) di Beijing.

Selain dua kesepakatan yang menjadi pusat perhatian, PLN juga menandatangani tujuh nota kesepahaman (MoU) lainnya dengan entitas Tiongkok, termasuk The Export-Import Bank of China, Sinosure, Bank of China, Industrial and Commercial Bank of China, State Development & Investment Corp. Ltd, Huawei Tech Investment, dan China Energy International Group.

Keseluruhan nilai kerja sama ini, termasuk pendanaannya, mencapai lebih dari 54 miliar USD.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa kunjungannya ke Beijing bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Tiongkok.

Pertemuan ini memfokuskan pada tiga isu prioritas, yaitu peningkatan ekspor Indonesia, peningkatan investasi, dan pembangunan ketahanan pangan.

PLN memegang peran kunci dalam peningkatan investasi antara kedua negara dalam sektor energi.

Dalam upaya mendukung komitmen pemerintah Indonesia dalam akselerasi transisi energi, PLN menandatangani MoU dengan State Grid Corporation of China (SGCC) dan Trina Solar China untuk pengembangan smart grid sebagai tulang punggung energi bersih di Indonesia.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam forum China-Indonesia Business Forum 2023, mengungkapkan rasa hormat PLN terhadap kolaborasi ini.

Menurutnya, kerja sama dengan SGCC adalah langkah maju dalam transisi energi, dengan fokus pada pembangunan jalur transmisi supergrid yang ramah lingkungan, smart grid, dan ekspansi kemitraan di masa depan.

Kerja sama PLN dengan Trina Solar juga mencakup pembangunan pabrik sel dan panel surya terbesar di Indonesia di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah.

Darmawan menjelaskan bahwa hal ini memaksimalkan potensi energi surya di Indonesia, yang mencapai 207 Gigawatt (GW).

Ini sejalan dengan ambisi pemerintah Indonesia untuk mencapai 75 persen peningkatan kapasitas energi dari sumber energi terbarukan pada tahun 2040.

Kesepakatan ini mencerminkan komitmen PLN dalam mendukung pemerintah Indonesia dalam mengundang investasi di bidang energi bersih.

Forum China-Indonesia Business Forum ini, yang merupakan bagian dari The Third Belt and Road Forum for International Cooperation (BRF), memberikan harapan akan masa depan yang lebih baik melalui kolaborasi internasional yang menguntungkan dan pembangunan berkelanjutan.

BRF yang diinisiasi oleh Chamber of Commerce Committee Tiongkok bertujuan menjalin kerja sama terbuka, hijau, bersih, dan berstandar tinggi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendorong pembangunan yang berkelanjutan.

Forum seperti ini memberikan keyakinan bahwa tantangan apapun dapat dihadapi dengan kolaborasi yang kuat, menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi kedua negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *