BERITA

Kenali Helm Asli dan Tiruan: Tips Membedakan Helm Replika yang Berbahaya

145
×

Kenali Helm Asli dan Tiruan: Tips Membedakan Helm Replika yang Berbahaya

Sebarkan artikel ini
Waspada Helm Replika Palsu Bisa Bikin Celaka, ini Cara Bedakan Helm Asli dan Palsu
Waspada Helm Replika Palsu Bisa Bikin Celaka, ini Cara Bedakan Helm Asli dan Palsu

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Helm bukan hanya aksesoris, melainkan komponen vital yang menjamin keamanan dan keselamatan para pengendara sepeda motor.

Kepentingan menjaga integritas helm tidak dapat dipandang remeh, terutama karena peranannya dalam melindungi kepala pengendara dari dampak benturan yang mungkin terjadi.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua helm diciptakan sama. Terdapat risiko besar ketika memilih helm replika atau palsu yang mungkin tidak memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan.

M. Yazid, seorang pihak dari Marketing Astra Motor Natar, memberikan beberapa tips untuk membedakan helm asli dan tiruan.

“Quality control dari helm asli dan KW (imitasi) sudah jauh berbeda, baik dari bentuk, bahan, dan juga inner helmnya,” ungkap M. Yazid pada Kamis (18/1/2024).

Oleh karena itu, penting bagi pembeli untuk menjadi lebih waspada dan proaktif dalam memeriksa keaslian helm sebelum membelinya.

Salah satu perbedaan yang dapat langsung dirasakan adalah berat helm. Helm asli umumnya memiliki berat yang seimbang dan pas, tidak terlalu berat maupun terlalu ringan.

Di sisi lain, helm palsu cenderung terlalu ringan atau terlalu berat, menciptakan ketidaknyamanan saat digunakan.

M. Yazid juga menyoroti nomor seri yang biasanya diberikan oleh beberapa merek helm terkenal. Pembeli dapat memeriksa label di helm saat pembelian; jika nomor seri tersebut tidak sesuai, dapat dipastikan bahwa helm tersebut adalah replika.

Bukan hanya asal-asalan pada berat dan nomor seri, kualitas bahan juga menjadi penanda penting. Helm asli biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh.

Menggunakan cara sederhana seperti mengetuk helm dengan tangan dapat membantu pembeli membedakan helm palsu atau asli.

Tidak hanya itu, kualitas busa dan inner helm juga perlu diperiksa. Helm asli memberikan kenyamanan saat digunakan, sehingga pembeli dapat merasakannya langsung ketika mencoba memakai helm tersebut.

Penting juga untuk memeriksa panel visor helm. Helm asli biasanya menggunakan bahan polycarbonate yang lentur dan tahan pecah, sementara helm palsu cenderung menggunakan bahan akrilik yang rentan pecah.

M. Yazid menekankan bahwa mencari informasi dari web penyedia helm asli dan membeli dari authorized dealer helm terpercaya adalah langkah bijak untuk menghindari pembelian helm palsu.

Keselamatan berlalu lintas dimulai dari pilihan yang bijak, dan memilih helm yang benar-benar asli adalah langkah awal yang sangat penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *