BERITA

Kelurahan Yosorejo Metro, Lampung, Berprestasi dalam Lomba Kelurahan Tingkat Nasional Regional Sumatera!

193
×

Kelurahan Yosorejo Metro, Lampung, Berprestasi dalam Lomba Kelurahan Tingkat Nasional Regional Sumatera!

Sebarkan artikel ini
Kelurahan Yosorejo Metro, Lampung, Berprestasi dalam Lomba Kelurahan Tingkat Nasional Regional Sumatera!
Kelurahan Yosorejo Metro, Lampung, Berprestasi dalam Lomba Kelurahan Tingkat Nasional Regional Sumatera!

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Kelurahan Yosorejo, yang berada di Metro Timur, Lampung, telah dipilih sebagai perwakilan Kota Metro untuk berpartisipasi dalam Lomba Kelurahan Tingkat Nasional tahun 2023.

Acara ini merupakan bagian dari amanah Permendagri Nomor 81 tahun 2015, yang bertujuan untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, baik di tingkat kecamatan, kota, provinsi, maupun nasional.

Wali Kota Metro, Wahdi, menyatakan pentingnya lomba kelurahan ini sebagai sarana untuk mendorong kompetensi positif dan sportif di tingkat kelurahan.

Hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan semangat dalam menerapkan praktik terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Visi Kota Metro adalah menjadi kota berpendidikan sehat, sejahtera, dan berbudaya. Lomba kelurahan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang terbaik, terhormat, dan bermartabat,” kata Wahdi pada Jumat, 27 Juli 2023.

Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Regional Sumatera, yang dipimpin oleh Tier, telah melakukan kunjungan ke Aula Kelurahan Yosorejo untuk mengecek kesiapan kelurahan ini dalam menghadapi tahap penilaian.

Salah satu keunggulan yang ditemukan di Kelurahan Yosorejo adalah usaha madu klanceng yang cukup menjanjikan.

Tier menyarankan agar peternak madu klanceng di kelurahan tersebut memperoleh izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) agar produk mereka lebih mudah dipasarkan.

“Kedatangan kami ke Kelurahan Yosorejo dikarenakan kelurahan ini berhasil masuk dalam lima besar pada perlombaan kelurahan atau desa tingkat regional Sumatera. Sebagai perwakilan dari Provinsi Lampung, Metro bersaing dengan kelurahan dari beberapa provinsi di Sumatera, termasuk Sumatera Barat, Riau, Bangka Belitung, dan Sumatera Selatan,” ungkap Tier.

Tahap verifikasi lapangan yang dilakukan akan menentukan tiga kelurahan terbaik yang akan melaju ke tahap selanjutnya.

Apabila berhasil lolos di tingkat regional, maka kelurahan tersebut akan mempresentasikan prestasi dan inovasi mereka di tingkat nasional.

“Pilihan tiga besar pada setiap regional akan ditentukan melalui rapat pleno yang dipimpin oleh Dirjen Kementerian Desa, Kementerian Lingkungan Hidup, dan Kementerian Kesehatan,” jelas Tier.

Ragional sendiri terbagi menjadi empat wilayah, yaitu Ragional 1 Sumatera, Ragional 2 Pulau Jawa dan Bali, Ragional 3 Pulau Kalimantan, dan Ragional 4 wilayah timur.

Semangat dan dedikasi dari Kelurahan Yosorejo Metro dalam lomba ini menjadi semangat bagi seluruh masyarakat untuk terus berupaya meningkatkan kualitas kehidupan di tingkat kelurahan.

Semoga Kelurahan Yosorejo dapat meraih prestasi gemilang dan membawa harum nama Kota Metro, Lampung, di tingkat nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *