BERITA

Meningkatnya Keuntungan UMKM Berkat Pemanfaatan Media Sosial Melalui Program PKM IIB Darmajaya

169
×

Meningkatnya Keuntungan UMKM Berkat Pemanfaatan Media Sosial Melalui Program PKM IIB Darmajaya

Sebarkan artikel ini
UMKM Rasakan Manfaat Media Sosial Melalui PKM IIB Darmajaya
UMKM Rasakan Manfaat Media Sosial Melalui PKM IIB Darmajaya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Selasa (20/7/2023) lalu, antusiasme dan semangat para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari Desa Keteguhan, Kecamatan Telukbetung Timur, Bandar Lampung, menjadi sorotan saat mereka merangkul potensi media sosial untuk mengembangkan bisnis mereka.

Pelaku UMKM ini dengan antusias membuat akun media sosial baru yang secara khusus diperuntukkan bagi bisnis mereka, lalu berkreasi dengan desain logo dan konten promosi yang tampak memikat di halaman hasil pencarian Google.

Semua ini terwujud berkat inisiatif dari tim dosen dan mahasiswa Program Studi Bisnis Digital IIB Darmajaya.

Tim ini, yang terdiri dari Trufi Murdiani, S.T., M.A.; Soraya Asnusa, SE., M.M; dan Ruth Rosiana Pasaribu, memberikan pelatihan mendalam tentang Digital Marketing kepada para pelaku UMKM pada tanggal tersebut di Desa Keteguhan.

Inisiatif ini adalah bagian dari program Pengabdian Kepada Masyarakat yang didanai oleh hibah PKM institusi untuk tahun akademik 2022/2023.

Tim pelatihan juga mengundang dua dosen tamu dari perguruan tinggi lain, yakni Arsilenda, S.Pel., M.Si., dan Heny Herawati, S.E., M.M. dari Institut Maritim Prasetiya Mandiri.

Ketua Tim PKM, Trufi Murdiani, S.T., M.A., menjelaskan bahwa tema kegiatan PKM ini adalah “Pemberdayaan UMKM Simuley dalam Pemasaran Digital Melalui Pelatihan Menulis Copywriting yang SEO-Friendly”.

UMKM Simuley yang bergerak di bidang produksi aneka snack, seperti keripik melinjo, keripik jagung, dan basreng, menjadi mitra dalam kegiatan ini.

Namun, antusiasme tidak hanya terbatas pada UMKM Simuley. Terdapat juga beberapa pelaku UMKM lain di Desa Keteguhan yang berminat untuk belajar tentang digital marketing.

“Selain UMKM Simuley, ada juga UMKM Kue Kering Ideal, UMKM Kemplang AN, UMKM Kuliner dan Catering, serta Yola Bakery,” ungkap Trufi.

Salah satu fokus utama dari pelatihan ini adalah mengajarkan UMKM cara membuat artikel yang SEO-Friendly.

Arti keluaran tersebut adalah artikel yang langsung muncul di halaman hasil pencarian mesin seperti Google saat seseorang mencari kata kunci atau frasa terkait produk yang dijual oleh UMKM.

Dengan memiliki artikel yang optimal untuk SEO, UMKM bisa lebih mudah diakses melalui situs web, media sosial, atau platform perdagangan elektronik (marketplace).

Selain pelajaran dalam pembuatan artikel SEO, mitra UMKM juga diberi pengetahuan tentang bagaimana menyusun konten kreatif berupa tulisan dan gambar yang mendukung, serta bagaimana menyelaraskan konten-konten tersebut dengan produk yang ditawarkan oleh UMKM.

Pelatihan ini bahkan melibatkan keterampilan mendesain logo UMKM menggunakan alat seperti Canva, yang dapat dioperasikan melalui smartphone.

Dengan semangat dan pengetahuan baru yang mereka peroleh, para pelaku UMKM di Desa Keteguhan berada di jalur yang tepat untuk memanfaatkan potensi pemasaran digital dan mengangkat bisnis mereka ke tingkat berikutnya.

Melalui kolaborasi antara IIB Darmajaya dan UMKM, perpaduan antara akademisi dan praktisi bisnis telah menciptakan peluang baru dan harapan yang cerah bagi pertumbuhan ekonomi lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *