BERITA

Kejayaan Mahasiswa Unila: Raih Gelar Juara I dan III dalam Lomba Robotik Nasional di Politeknik Negeri Jakarta

213
×

Kejayaan Mahasiswa Unila: Raih Gelar Juara I dan III dalam Lomba Robotik Nasional di Politeknik Negeri Jakarta

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa Unila Juara I dan Juara III Lomba Robotik Nasional di Politeknik Negeri Jakarta
Mahasiswa Unila Juara I dan Juara III Lomba Robotik Nasional di Politeknik Negeri Jakarta

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Mahasiswa Universitas Lampung (Unila) telah mengukir prestasi luar biasa dengan meraih juara pertama pada kompetisi Electro Activities Programme (e-Time) yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Jakarta.

Cabang perlombaan yang dimenangkan adalah Robot Mini Industrial (RMI), di mana mahasiswa dari berbagai institusi bersaing untuk meraih gelar juara.

Dalam acara yang berlangsung dengan antusias, mahasiswa yang membawa pulang kemenangan ini adalah Dafa Sitanala Putra Baladiah, mahasiswa Prodi S1 Teknik Informatika Unila angkatan 2018, yang berkolaborasi dengan dua rekannya dari SMPN 1 Bandar Lampung dan SMA YP Unila.

Dalam wawancara pasca kemenangan, Dafa Sitanala Putra Baladiah mengutarakan perasaan gembiranya, “Kami sangat gembira bisa meraih kemenangan ini, karena kami telah melewati persaingan ketat dan tantangan yang berat.”

Keberhasilan ini menggambarkan dedikasi dan kerja keras tim dalam menghadapi berbagai rintangan yang muncul dalam perlombaan.

Kompetisi RMI menantang para peserta untuk menguji kemampuan robot dalam mengikuti jalur yang telah ditentukan oleh panitia.

Robot harus berlomba melalui lintasan dengan secepat mungkin untuk dapat melaju ke tahap berikutnya.

Meski sempat menghadapi kendala teknis pada tahap penyisihan 16 besar, Dafa dan timnya tidak menyerah. Mereka terus berupaya memperbaiki robot hingga berhasil melaju ke babak delapan besar.

“Pada tahap delapan besar, kami harus memprogram robot di tempat pertandingan dan menyelesaikan misi yang diberikan panitia. Ini cukup sulit, tapi kami berhasil melakukannya dengan baik,” ujar Dafa, menggambarkan perjuangannya.

Kunci keberhasilan dalam prestasi ini adalah kerja tim yang solid dan saling mendukung. Selain itu, robot yang digunakan oleh tim Dafa memiliki desain dan komponen yang berbeda dari pesaing lainnya.

Dafa telah memiliki minat dalam bidang robotik sejak SMA dan jalur prestasi khusus membawanya menjadi mahasiswa Unila.

Robotik bukan hanya sekadar bidang studi baginya, melainkan juga hobi yang ingin terus dikembangkan.

Dafa berharap bahwa pencapaiannya kali ini akan menjadi kebanggaan bagi Universitas Lampung dan dapat menginspirasi anak muda untuk tertarik pada bidang robotik.

Prestasi gemilang dalam kompetisi yang sama juga diraih oleh M. Cahyadi Nugroho Putra, mahasiswa Prodi S1 Teknik Elektro angkatan 2022, bersama rekannya dari SMA YP Unila, yang berhasil meraih juara ketiga.

Prestasi mahasiswa Unila ini membuktikan potensi dan dedikasi yang tinggi dalam mengembangkan kemampuan di bidang robotik.

Semoga prestasi mereka dapat terus mengilhami dan mendorong semangat generasi muda dalam menjelajahi dunia teknologi dan inovasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *