BERITA

Kehancuran Terjerat: Puting Beliung Menerjang Desa Baru Ranji Merbau, Lampung Selatan – 69 Rumah Hancur, Satu Korban Luka

29
×

Kehancuran Terjerat: Puting Beliung Menerjang Desa Baru Ranji Merbau, Lampung Selatan – 69 Rumah Hancur, Satu Korban Luka

Sebarkan artikel ini
Puting Beliung Terjang Desa Baru Ranji Merbau Mataram Lampung Selatan, 69 Rumah Rusak dan Satu Warga Luka
Puting Beliung Terjang Desa Baru Ranji Merbau Mataram Lampung Selatan, 69 Rumah Rusak dan Satu Warga Luka

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Senin (11/3/2024) sekitar pukul 18.00 WIB, Desa Baru Ranji, Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan, dilanda bencana angin kencang yang mengakibatkan kerusakan pada 69 rumah.

Ariswandi, Kepala Pelaksana BPBD Lampung Selatan, menyatakan bahwa angka tersebut masih bisa bertambah mengingat kondisi cuaca yang ekstrem di wilayah tersebut.

“Pihak kami masih melakukan validasi dan pendataan terhadap rumah-rumah yang terdampak bencana. Kemungkinan jumlahnya akan bertambah seiring dengan perkembangan situasi,” ujarnya.

Informasi yang berhasil dihimpun Media90 menyebutkan bahwa sekitar 105 rumah di Dusun Marebo, Desa Baru Ranji, terdampak oleh angin kencang tersebut.

Bukan hanya rumah-rumah warga yang rusak, namun juga terdapat satu Sekolah Dasar yang mengalami kerusakan akibat bencana tersebut.

“Akibat bencana ini, sejumlah 10 orang mengungsi ke tempat saudara mereka karena atap rumah terbang dan rusak,” tambah Ariswandi.

Selain kerugian materiil, bencana angin kencang tersebut juga menyebabkan satu warga, bernama Riani (38 tahun), mengalami luka ringan akibat tertimpa reruntuhan bangunan rumah.

Untungnya, keluarganya langsung memberikan pertolongan dan merawatnya secara mandiri.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, Ariswandi mengingatkan masyarakat agar tetap waspada mengingat puncak musim hujan yang terjadi pada bulan Maret.

Dia juga menjelaskan bahwa angin kencang tersebut terjadi pada Senin (11/3/2024) sekitar pukul 18.00 WIB.

Tim Tanggap Darurat (TRC) dan Pusat Data Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kabupaten Lampung Selatan telah menerima laporan dari masyarakat pada pukul 19.30 WIB.

Saat ini, upaya penyelamatan dan pembersihan sedang dilakukan oleh tim TRC dan warga setempat secara bergotong-royong.

“Setelah menerima laporan, tim langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan penanganan darurat dan mendapatkan informasi lebih lanjut dari pihak terkait,” tutur Ariswandi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *