BERITA

Kehadiran 118 Pemudik Dominan Pemotor di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung, Menjelang Idulfitri 2024

92
×

Kehadiran 118 Pemudik Dominan Pemotor di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung, Menjelang Idulfitri 2024

Sebarkan artikel ini
H-3 Idulfitri 2024, 118 Pemudik Dominan Pemotor Tiba di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung
H-3 Idulfitri 2024, 118 Pemudik Dominan Pemotor Tiba di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pelabuhan Pelindo Regional II Panjang, Bandar Lampung, menjadi saksi kedatangan 118 pemudik yang tiba pada H-3 Lebaran Idulfitri tahun 2024, pada Minggu (7/4/2024).

Dipimpin oleh Kapal Motor Penumpang (KMP) Panorama Nusantara, ratusan pemudik tersebut, yang didominasi oleh pengendara sepeda motor, turut membanjiri Pelabuhan Panjang.

Imam Rahmiyadi, General Manajer Pelindo Regional 2 Panjang, menyatakan bahwa KMP Panorama Nusantara membawa pemudik sepeda motor dan truk logistik dari Pelabuhan Ciwandan Regional 2 Banten.

Totalnya, ada 97 unit kendaraan yang diangkut, terdiri dari 71 unit sepeda motor dan 26 unit truk logistik.

“Pelabuhan Regional 2 Panjang ditunjuk sebagai pelabuhan alternatif oleh pemerintah pusat untuk menjadi jalur penyeberangan bagi pemudik Idulfitri 1445 Hijriah atau tahun 2024 Masehi,” ungkap Imam Rahmiyadi.

Langkah ini diambil untuk mengurai kemacetan dan memastikan kelancaran arus mudik dan arus balik.

Fasilitas yang disiapkan di Pelabuhan Regional 2 Panjang sangat mendukung kegiatan arus mudik tersebut.

Mulai dari Dermaga C dengan panjang 375 meter, kedalaman -7 sampai -11 M LWS, hingga tiga unit motor Pandu dan empat unit kapal tunda untuk pemanduan, penundaan, serta penyandaran kapal.

Selain itu, area pendukung seperti lapangan 005 D (buffer area) dengan luas 13.652 meter persegi juga telah disiapkan untuk menampung ribuan unit kendaraan pemudik.

“Kami selaku operator pelabuhan senantiasa memberikan pelayanan maksimal dengan berkoordinasi dengan berbagai pihak, salah satunya KSOP Kelas 1 Panjang,” tambah Imam Rahmiyadi.

Kedatangan pemudik sepeda motor ini menjadi sorotan utama di Pelabuhan Panjang pada masa angkutan Lebaran Idulfitri tahun 2024.

Pasca kedatangan, puluhan unit sepeda motor langsung dikawal oleh mobil patroli Satlantas Polresta Bandar Lampung menuju wilayah perbatasan pintu keluar Bandar Lampung yang berbatasan dengan Kecamatan Natar, Lampung Selatan.

Kompol Ikhwan Syukri, Kepala Satlantas Polresta Bandar Lampung, menjelaskan bahwa pengawalan dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada para pemudik saat melintasi wilayah Bandar Lampung.

“Para pemudik sepeda motor ini kami kawal dari Pelabuhan Panjang dengan rute melalui Jalan Bypass Soekarno Hatta hingga Tugu Raden Intan,” terang Kompol Ikhwan Syukri.

Sementara itu, Polresta Bandar Lampung juga meningkatkan kegiatan patroli malam hari di sepanjang jalur pemudik, khususnya di Jalan Bypass Soekarno Hatta.

Para pemudik yang merasa lelah diimbau untuk beristirahat di posko pengamanan (Pospam) yang telah disediakan di sepanjang jalur tersebut.

Dengan berbagai upaya pengamanan dan pelayanan maksimal yang diberikan oleh pihak terkait, diharapkan para pemudik dapat merasa nyaman dan aman selama perjalanan mereka menuju tujuan akhir dalam merayakan Idulfitri tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *