BERITA

Jokowi Merekatkan Pembangunan PLN Hub, Pusat Energi Transisi, dan Layanan Digital di Jantung IKN

58
×

Jokowi Merekatkan Pembangunan PLN Hub, Pusat Energi Transisi, dan Layanan Digital di Jantung IKN

Sebarkan artikel ini
Presiden Jokowi Tandai Pembangunan PLN Hub, Pusat Ekosistem Transisi Energi dan Layanan Digital di Jantung IKN
Presiden Jokowi Tandai Pembangunan PLN Hub, Pusat Ekosistem Transisi Energi dan Layanan Digital di Jantung IKN

Media90 – Pada Rabu (5/6/2024), Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), bersama dengan jajaran direksi PT PLN (Persero), melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan PLN Hub di jantung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

PLN Hub, yang merupakan proyek pertama dan terbesar di Tanah Air dalam hal pusat ekosistem transisi energi dan layanan digital, diharapkan akan menjadi titik fokus bagi semua pemangku kepentingan terkait.

Presiden Jokowi menyambut baik inisiatif ini, menyatakan bahwa PLN Hub akan menjadi tempat bagi semua stakeholder terkait PT PLN untuk berkumpul dan berkolaborasi.

“Saya sangat menghargai sekali dibangunnya PLN Hub yang nanti akan mengumpulkan semua stakeholder dan mitra yang berhubungan dengan PT PLN,” ujarnya.

PLN Hub juga diharapkan dapat mempercepat transisi energi dan mendukung berbagai investasi di IKN.

Presiden Jokowi menekankan bahwa ketika investor tertarik untuk masuk ke Indonesia, salah satu pertanyaan kunci yang mereka ajukan adalah ketersediaan energi hijau. PLN Hub diharapkan dapat menjawab kebutuhan ini.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN (Persero), menjelaskan bahwa PLN Hub tidak hanya untuk kepentingan PLN saja, melainkan juga untuk membangun ekosistem yang melibatkan mitra dan jejaring bisnis terkait transisi energi.

“Kami sudah berkomunikasi dengan mitra dan jejaring bisnis kami yang merupakan berbagai top companies internasional. Kolaborasi dengan mereka akan terus berlanjut dengan berkantor di IKN,” katanya.

Terkait dengan pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk IKN, Darmawan mengumumkan bahwa PLN telah menyiapkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 50 megawatt (MW) yang akan beroperasi penuh pada perayaan HUT Republik Indonesia mendatang.

Selain itu, PLN juga sedang mempersiapkan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk memasok listrik bersih ke IKN.

“Pembangunan PLN Hub mengusung konsep green, smart, dan beautiful,” ungkap Darmawan. PLN Hub akan menjadi episentrum riset dan pengembangan, kolaborasi bisnis, teknologi, dan pendidikan yang mendukung visi masa depan IKN yang modern dan ramah lingkungan.

PLN Hub akan terdiri dari 3 gedung dengan 14 lantai, dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti pusat perkantoran, pusat komersial, taman hidrogen hijau, pusat studi dan penelitian, data center, laboratorium, hunian karyawan, fasilitas olahraga, pusat kesehatan, dan pusat kreatif.

Selain itu, lokasi PLN Hub juga akan menjadi pusat telekomunikasi bagi PLN ICON Plus, dengan infrastruktur fiber optik untuk Multi Utility Tunnel (MUT) yang terintegrasi dengan infrastruktur ketenagalistrikan.

Pihak PLN berterima kasih kepada Pemerintah atas dukungan dalam menyediakan lokasi strategis bagi pembangunan PLN Hub di pusat IKN.

Dengan pembangunan ini, diharapkan PLN Hub akan menjadi tonggak penting dalam menjaga kemandirian energi dan mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *