BERITA

IIB Darmajaya Membuka Pintu Menuju Masa Depan: PKKMB 2023

49
×

IIB Darmajaya Membuka Pintu Menuju Masa Depan: PKKMB 2023

Sebarkan artikel ini
PKKMB 2023 IIB Darmajaya Hadirkan Sejumlah Narasumber Ahli di Bidangnya
PKKMB 2023 IIB Darmajaya Hadirkan Sejumlah Narasumber Ahli di Bidangnya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengadakan acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023 dengan semangat yang tinggi di Lapangan Futsal pada Rabu (20/9/23).

Acara ini menampilkan berbagai narasumber dan materi yang relevan dengan tema PKKMB tahun ini, yaitu “Mempersiapkan Diri Menjadi Inovator Muda Menuju Indonesia Maju.”

PKKMB 2023 IIB Darmajaya menjadi panggung bagi beberapa lembaga yang berkontribusi dalam memberikan wawasan kepada para mahasiswa baru.

Diantaranya adalah Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Pesawaran, Kodim 0410 Bandar Lampung, dan Perkumpulan DAMAR Lampung.

Salah satu puncak acara adalah penyampaian materi Literasi Digital oleh Kepala Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik Diskominfotik Pesawaran, Ihsan Taufiq, S.I.Kom., M.P.A.

Generasi cerdas IIB Darmajaya diajak untuk memahami pentingnya literasi digital dalam dunia yang semakin terkoneksi.

Dr. Suratno, S.Pd.I, M.H., Koordinator Satgas Budaya, memberikan pengenalan slogan “The Best,” yang menggambarkan semangat IIB Darmajaya untuk menjadi yang terbaik dalam dunia pendidikan.

Selain itu, mahasiswa baru juga mendapatkan materi “Kebangsaan dan Cinta Tanah Air” dari Perwira Seksi Teritoral (Pasiter) Kodim 0410 Bandar Lampung, Mayor Inf H.G. Sinaga, untuk memperkuat rasa kebangsaan.

Tak hanya itu, Perkumpulan DAMAR Lampung memberikan materi tentang “Mencegah Tindakan Kekerasan Seksual dan Perundungan di Lingkungan Kampus.”

Materi ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif Eka Tiara Candra Nanda dan stafnya, Kiki, yang memberikan wawasan penting tentang keselamatan di lingkungan kampus.

Baca Juga:  Memperkuat Jaringan Dukungan hingga Lampung: Komunitas Ojol Renovasi Basecamp untuk Kesuksesan

Selain materi-materi tersebut, mahasiswa baru juga diperkenalkan dengan beberapa bagian dan unit penting di Kampus The Best IIB Darmajaya, termasuk Keuangan, Inkubator Bisnis dan Teknologi (Inkubitek), dan International Office.

Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. Firmansyah Y. Alfian, M.B.A., M.Sc., menyampaikan komitmen kampus dalam memfasilitasi mahasiswa untuk menjadi technopreneur.

Beliau menjelaskan bahwa IIB Darmajaya telah menjalin kerja sama dengan berbagai stakeholder, Apindo, dan perbankan untuk mendukung pendanaan bagi mahasiswa.

Beliau menegaskan bahwa peluang untuk menjadi pengusaha sangat besar, seperti halnya Facebook yang awalnya hanya didirikan dengan modal terbatas namun kini memiliki valuasi yang luar biasa.

Dr. Firmansyah juga mendorong mahasiswa untuk mencari informasi di mesin pencarian Google mengenai kampus lain yang memiliki komitmen serupa dalam mencetak pengusaha.

Sementara itu, UPT Hubungan Internasional yang dipimpin oleh Rahmalia Syahputri memperkenalkan mahasiswa asing yang akan menempuh studi di Kampus The Best IIB Darmajaya.

Pengenalan ini juga memberi kesempatan bagi mahasiswa baru untuk berinteraksi dengan mahasiswa asing yang ada di kampus, seperti Zhang Yuhang dari Republik Rakyat Tiongkok, Ameera Kazie Allie dari Afrika Selatan, dan Zedrick P. Alex dari Filipina.

PKKMB 2023 IIB Darmajaya menjadi awal yang menarik bagi generasi cerdas yang siap memulai perjalanan mereka di dunia pendidikan tinggi.

Semangat inovasi dan kewirausahaan tampaknya akan menjadi bagian integral dari perjalanan mereka di kampus yang berkomitmen untuk mencetak inovator muda yang akan membawa Indonesia maju ke depan.