BERITAOTOMOTIF

Honda Jazz Lawas vs. Brio Tahun Muda: Perbandingan Hatchback Bekas yang Menarik Perhatian

644
×

Honda Jazz Lawas vs. Brio Tahun Muda: Perbandingan Hatchback Bekas yang Menarik Perhatian

Sebarkan artikel ini
Honda Jazz Lawas vs. Brio Tahun Muda Perbandingan Hatchback Bekas yang Menarik Perhatian
Honda Jazz Lawas vs. Brio Tahun Muda Perbandingan Hatchback Bekas yang Menarik Perhatian

Media90 – Dalam perbandingan antara Honda Jazz dan Honda Brio, terutama dalam hal mobil baru, terlihat bahwa keduanya berbeda level. Honda Jazz jelas lebih unggul. Salah satu buktinya adalah kapasitas mesin yang digunakan, yaitu 1.500 cc, sedangkan Brio hanya menggunakan mesin 1.200 cc.

Namun, ketika melihat ke pasar mobil bekas, ada situasi di mana harga Jazz bisa sama dengan Brio. Hal ini mungkin terjadi pada Jazz yang sudah tua dan Brio yang lebih baru. Oleh karena itu, dalam ulasan ini, Carmudi akan memberikan gambaran tentang model mana yang lebih cocok dipilih.

Perbandingan Mobil Bekas Honda Jazz vs Brio, Lihat Dulu Sejarahnya!

Perbandingan Mobil Bekas Honda Jazz vs Brio, Lihat Dulu Sejarahnya!
Perbandingan Mobil Bekas Honda Jazz vs Brio, Lihat Dulu Sejarahnya!

Sebelumnya, mari simak dulu sejarah perjalanan kedua mobil ini di Indonesia agar dapat mengenalnya secara lebih dekat. Dimulai dari Jazz yang pertama kali resmi mengaspal di Tanah Air pada tahun 2004. Sebelum PT Honda Prospect Motor (HPM) menjualnya secara resmi, mobil ini sudah berseliweran di jalan raya dengan nama Honda Fit. Fit itu sendiri merupakan Jazz versi Jepang yang masuk ke Indonesia melalui jalur importir umum.

Jazz generasi pertama memiliki dua opsi mesin yang sama-sama berkapasitas 1.500 cc. Konsumen bisa memilih mesin i-DSI yang lebih mengutamakan efisiensi bahan bakar atau VTEC yang justru lebih responsif. Sementara itu, untuk pilihan transmisinya tersedia manual dan CVT.

Jazz boleh dibilang sebagai mobil yang turut mempopulerkan transmisi CVT di Indonesia. Walaupun untuk generasi kedua mobil ini justru menggunakan transmisi matik konvensional. Transmisi CVT baru bisa ditemui lagi pada Jazz generasi ketiga alias generasi terakhir yang dijual di Indonesia.

Berikut ini adalah rincian generasi Jazz yang pernah dijual di Indonesia:

  1. Honda Jazz Gen 1 (GD3) 2004—2008
  2. Honda Jazz Gen 2 (GE8) 2008—2013
  3. Honda Jazz Gen 3 (GK5) 2013—2021

Sekarang mari simak perjalanan sejarah Brio yang sejauh ini sukses menjadi tulang punggung penjualan PT HPM. Nama Brio mulai menghiasi pasar otomotif Indonesia pada tahun 2013. Pada awalnya, mobil ini masuk ke Indonesia dengan status Completely Built Up (CBU) dari Thailand.

Namun, tak lama kemudian mobil ini ikut dalam program Low Cost Green Car (LCGC) dari pemerintah. Hal tersebut otomatis mendorong Honda untuk melakukan lokalisasi produksinya.

Brio generasi pertama hadir dengan ciri khas unik di bagian bodi belakangnya. Pintu bagasi model ini berupa kaca dengan bentuk lurus. Desain semacam itu mengingatkan kembali pada bentuk pintu bagasi Civic Wonder, walaupun kedua mobil tidak memiliki hubungan sama sekali.

Brio generasi pertama bertahan sampai tahun 2018 berbarengan dengan hadirnya generasi kedua. Pintu bagasi kaca ditinggalkan dan diganti dengan desain yang lebih mengikuti zaman. Mungkin ada sebagian orang yang menyayangkan hal ini, tapi desain pintu bagasi yang baru memiliki bukaan lebih lebar, sehingga pemilik mobil akan lebih mudah untuk memuat dan membongkar barang bawaan.

Berbeda dengan Jazz yang sudah berhenti produksi di Indonesia, Brio masih bisa ditemui di dealer-dealer mobil baru Honda pada tahun 2022 ini. Berikut adalah rincian generasi Brio yang pernah dijual di Indonesia:

  1. Honda Brio Gen 1 2013—2018
  2. Honda Brio Gen 2 2018—sekarang

Sementara itu, terkait perbandingan antara kedua mobil ini rasanya tidak adil jika dibuat perbandingan secara langsung. Sebabnya kedua mobil jelas berada di kelas yang berbeda. Sebagai alternatifnya, konsumen bisa menentukan pilihan berdasarkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing model.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz

Sebagai bahan pertimbangan bagi para Media90Viewer, berikut ini adalah pendapat mengenai kelebihan dan kekurangan Honda Jazz.

Kelebihan Honda Jazz

  1. Desain Eksterior Keren: Sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia, Honda Jazz telah menjadi idola bagi anak muda. Hal ini dikarenakan desain eksteriornya yang menarik dan atraktif. Banyak pemilik Jazz yang juga melakukan modifikasi pada mobil mereka untuk menambahkan sentuhan sporty.
  2. Interior yang Lega: Meskipun Honda Jazz merupakan mobil hatchback, namun ia dikenal memiliki kabin yang luas. Fitur Ultra Seat yang dimiliki oleh Jazz juga memungkinkan pemilik mobil untuk melipat kursi-kursinya dalam berbagai mode. Fitur ini memungkinkan adanya variasi dalam menciptakan ruang yang seperti sofa di dalam kabin, atau membawa barang-barang besar dan panjang dengan mudah.
  3. Mesin Bertenaga dan Efisien: Honda Jazz menawarkan dua pilihan mesin, terutama untuk generasi pertamanya. Hal ini memungkinkan konsumen yang mencari mobil bekas dapat memilih sumber tenaga yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Bagi konsumen yang ingin hemat bahan bakar, mereka dapat memilih mesin i-DSI. Sedangkan bagi yang menginginkan tenaga ekstra, model dengan mesin VTEC dapat menjadi pilihan.

Kekurangan Honda Jazz

  1. Masalah pada Sistem Kaki-Kaki: Salah satu kekurangan yang sering ditemui pada Honda Jazz bekas terletak pada komponen sistem kaki-kakinya. Menurut penelusuran, bagian yang sering mengalami masalah adalah komponen rack steer, terutama pada generasi pertama. Hal ini sebenarnya dapat dimaklumi mengingat usia mobil yang sudah tidak muda lagi.
  2. Getaran saat Start dan saat Melintasi Jalan Tanjakan: Masalah lain yang sering dijumpai pada Honda Jazz, terutama pada generasi-generasi awal, adalah terasa getaran pada mesin saat baru akan mulai berjalan, serta mobil yang mengalami “brebet” saat melintasi jalan tanjakan. Menurut beberapa ulasan, masalah ini dapat disebabkan oleh kualitas oli transmisi yang kurang baik atau sudah kotor.

Meskipun Honda Jazz memiliki kelebihan dalam desain, kabin yang luas, dan pilihan mesin yang bertenaga, namun juga perlu diperhatikan kekurangan seperti masalah pada sistem kaki-kaki dan gejala getaran pada mesin. Para calon pembeli Honda Jazz diharapkan untuk mempertimbangkan dengan bijak sebelum membuat keputusan pembelian.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio

Honda Brio adalah salah satu mobil yang layak dipertimbangkan oleh para Media90. Mobil ini memiliki sejumlah kelebihan yang dapat menjadi nilai tambah dalam pengalaman berkendara. Namun, tidak luput dari kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum membuat keputusan pembelian. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Honda Brio:

Kelebihan Honda Brio

  1. Mesin Irit Bahan Bakar: Honda Brio termasuk dalam program LCGC (Low-Cost Green Car) yang dicanangkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Salah satu persyaratan dalam program ini adalah konsumsi bahan bakar yang efisien. Honda Brio mampu mencapai konsumsi bensin hingga 20 km per liter, menjadikannya mobil yang hemat bahan bakar.
  2. Handling Enak: Salah satu kelebihan lain dari Honda Brio adalah handling atau pengendalian yang baik. Mobil ini sangat mudah bermanuver, terutama saat dikendarai di jalanan perkotaan yang padat. Dimensi yang relatif mungil juga memudahkan dalam menghadapi lalu lintas yang ramai. Meski di kecepatan yang lebih tinggi, mobil ini tetap stabil dalam handling-nya.
  3. Spesifikasi Unggul: Honda Brio memiliki keunggulan spesifikasi dibandingkan dengan mobil LCGC lainnya. Mobil ini sudah menggunakan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) sedangkan model LCGC lain masih menggunakan transmisi matik konvensional. Transmisi CVT memberikan pengalaman berkendara yang lebih halus dan nyaman.

Kekurangan Honda Brio

  1. Kabin Kurang Kedap: Salah satu kelemahan Honda Brio terletak pada tingkat kedapannya. Suara jalan, putaran roda, atau suara lingkungan luar masih terdengar cukup jelas di dalam kabin mobil ini. Kabin yang kurang kedap menjadi salah satu karakteristik umum mobil dengan harga terjangkau.
  2. Interior Kurang Mengesankan: Interior Honda Brio terlihat kurang mengesankan jika dibandingkan dengan harga mobil ini. Beberapa contoh kekurangan interior termasuk absennya headrest adjustable pada jok baris pertama, serta bahan pelapis jok yang terbuat dari kain berwarna terang, terutama untuk varian Brio Satya. Hal ini membuat kotoran lebih terlihat dan memerlukan perawatan lebih rajin.

Meskipun Honda Brio memiliki beberapa kekurangan, namun kelebihan-kelebihannya seperti mesin yang irit bahan bakar, handling yang baik, dan spesifikasi yang unggul, dapat menjadi pertimbangan penting dalam memilih mobil. Tentunya, keputusan akhir harus disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pribadi. Semoga penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan Honda Brio ini dapat membantu para Media90 dalam menentukan pilihan mereka.

Selanjutnya, mari kita lihat beberapa pertanyaan yang sering muncul di internet mengenai perbandingan antara mobil bekas Honda Jazz dan Brio.

Apakah Honda Jazz Masih Dijual?

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan bahwa model Jazz tidak lagi dijual dalam kondisi baru sejak bulan Maret 2021. Keputusan ini membawa perubahan signifikan dalam lini produk Honda di Indonesia, dengan City Hatchback RS mengambil alih posisi Jazz.

Pergantian ini menandai akhir dari era Jazz yang telah menjadi salah satu mobil paling populer di pasar otomotif Indonesia. Meskipun Jazz telah berhenti diproduksi dalam kondisi baru, mobil ini tetap tersedia dalam kondisi bekas dan terus menarik minat konsumen yang menginginkan mobilitas yang praktis dan nyaman.

City Hatchback RS, yang menggantikan Jazz dalam lini produk Honda, memberikan solusi yang serupa dengan desain yang modern dan fitur-fitur canggih. Model ini menawarkan pengalaman berkendara yang dinamis dan nyaman, sambil tetap mempertahankan kepraktisan dan fleksibilitas yang menjadi ciri khas Honda Jazz.

Meskipun Jazz telah berhenti diproduksi dalam kondisi baru, berbeda halnya dengan Brio yang masih dipasarkan sebagai pilihan mobil baru. Brio terus menjadi andalan Honda dan tetap menjadi tulang punggung penjualan perusahaan di Indonesia. Model ini telah membuktikan daya tariknya dengan desain yang ceria, efisiensi bahan bakar yang baik, dan harga yang terjangkau.

Keputusan untuk menghentikan produksi baru Honda Jazz mungkin didasarkan pada perubahan tren dan preferensi konsumen, serta strategi perusahaan dalam menyusun portofolio produk yang lebih sesuai dengan permintaan pasar. Meskipun Jazz tidak lagi tersedia dalam kondisi baru, Honda tetap berkomitmen untuk memberikan pilihan mobil yang inovatif dan berkualitas kepada konsumennya di Indonesia.

Bagi para penggemar Jazz yang ingin memiliki mobil ini, masih tersedia opsi untuk membeli unit bekas atau mempertimbangkan model City Hatchback RS sebagai pengganti yang sebanding. Meskipun perubahan ini membawa kesedihan bagi sebagian orang, Honda tetap melanjutkan dedikasinya dalam memberikan kendaraan yang memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya.

Mencari Mobil Bekas dengan Harga Terjangkau? Pertimbangkan Honda Brio!

Jika Anda sedang mencari mobil baru dengan harga terjangkau, Honda Brio dapat menjadi pilihan yang menarik. Di antara mobil-mobil baru yang tersedia, Brio Satya E CVT menjadi opsi termurah dengan harga Rp188 juta. Dengan transmisi otomatis, Brio Satya E CVT menawarkan kenyamanan berkendara tanpa harus repot mengoper gigi.

Namun, bagi Anda yang menginginkan sedikit lebih banyak fitur dan gaya, Honda Brio juga menawarkan varian lain dengan transmisi matik. Varian Brio RS CVT hadir dengan harga Rp227,6 juta, menambahkan beberapa fitur tambahan dan sentuhan sporty yang lebih menonjol. Jika Anda mencari tampilan yang lebih eksklusif, Anda dapat mempertimbangkan varian Brio RS CVT Urbanite Edition yang ditawarkan dengan harga Rp237,4 juta.

Meskipun Honda Brio baru menawarkan harga yang terjangkau untuk mobil dengan transmisi otomatis, konsumen yang ingin memperoleh harga yang lebih murah dapat melirik pasar mobil bekas. Pasar mobil bekas sering kali menawarkan opsi yang lebih terjangkau, dengan berbagai pilihan merk dan model yang beragam.

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama, pastikan Anda melakukan penelitian menyeluruh tentang riwayat dan kondisi mobil yang ingin Anda beli. Periksa catatan servis, kilometer yang telah ditempuh, serta lakukan pemeriksaan fisik dan mekanik secara menyeluruh.

Kedua, pastikan Anda membeli dari penjual yang terpercaya, baik itu dealer resmi, showroom terkemuka, atau individu yang memiliki reputasi baik. Jangan ragu untuk melakukan negosiasi harga dan memastikan Anda mendapatkan nilai yang adil sesuai dengan kondisi mobil.

Terakhir, jangan lupakan aspek keamanan. Pastikan mobil bekas yang Anda pilih dilengkapi dengan fitur keamanan yang memadai, seperti rem ABS, sistem penguncian pintu otomatis, dan airbag.

Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, membeli mobil bekas dapat menjadi alternatif yang menarik bagi konsumen yang ingin mendapatkan mobil dengan harga lebih terjangkau. Namun, pastikan Anda tetap teliti dan berhati-hati agar Anda mendapatkan mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Pada Generasi Terakhir Jazz, Opsi Varian Tertinggi adalah Jazz RS CVT di Pasar Indonesia

Pada generasi terakhir Jazz yang dipasarkan di Indonesia, konsumen memiliki beragam opsi varian untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi mereka. Salah satu varian paling tinggi yang tersedia adalah Jazz RS CVT. Namun, sebelumnya terdapat beberapa varian lain yang juga menawarkan fitur dan performa yang menarik.

  1. Jazz RS MT: Varian Jazz RS MT menawarkan pengalaman berkendara yang sporty dengan transmisi manual. Varian ini cocok bagi pengemudi yang menyukai kendali penuh atas transmisi dan ingin merasakan sensasi perpindahan gigi yang responsif. Selain itu, Jazz RS MT juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan desain eksterior yang khas RS.
  2. Jazz CVT: Jazz CVT adalah varian yang mengutamakan kenyamanan dan kepraktisan. Dibekali dengan transmisi otomatis CVT (Continuous Variable Transmission), varian ini memberikan pengalaman berkendara yang lebih mulus tanpa perlu repot mengoper gigi secara manual. Fitur-fitur modern dan teknologi terkini juga hadir dalam varian ini untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan.
  3. Jazz MT: Jazz MT adalah varian dasar dengan transmisi manual yang menjadi pilihan yang lebih terjangkau bagi konsumen. Dengan harga yang lebih ekonomis, varian ini tetap menyajikan kualitas dan performa Jazz yang handal. Dilengkapi dengan berbagai fitur standar dan desain yang menawan, Jazz MT tetap menjadi pilihan menarik bagi pengemudi yang menginginkan kendaraan yang andal dan efisien.

Namun, bagi konsumen yang menginginkan yang terbaik dari segi performa, fitur, dan gaya, varian Jazz RS CVT menjadi pilihan yang ideal. Varian ini memiliki transmisi otomatis CVT yang memungkinkan perpindahan gigi yang halus dan responsif. Dilengkapi dengan desain eksterior yang sporty, fitur-fitur canggih, dan kenyamanan yang tinggi, Jazz RS CVT memberikan pengalaman berkendara yang mewah dan dinamis.

Dalam rangka meningkatkan pilihan yang disesuaikan dengan preferensi konsumen, Honda terus menghadirkan varian-varian Jazz yang inovatif dan menarik. Dengan demikian, setiap pengemudi dapat memilih Jazz yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup mereka, menjadikan Jazz sebagai salah satu hatchback populer di pasar otomotif Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *