BERITA

Hari Pahlawan ke-78: Amanat Penuh Inspirasi dari Dandim 0412 LU saat Mensos RI Berbicara di Pemkab Tulangbawang Barat

59
×

Hari Pahlawan ke-78: Amanat Penuh Inspirasi dari Dandim 0412 LU saat Mensos RI Berbicara di Pemkab Tulangbawang Barat

Sebarkan artikel ini
Hari Pahlawan ke-78, Dandim 0412 LU Sampaikan Amanat Mensos RI di Pemkab Tulangbawang Barat
Hari Pahlawan ke-78, Dandim 0412 LU Sampaikan Amanat Mensos RI di Pemkab Tulangbawang Barat

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Jumat, 10 November 2023, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat menggelar upacara Hari Pahlawan ke-78 di lapangan Kantor Bupati.

Dengan tema yang mengusung semangat pahlawan untuk memerangi kemiskinan dan kebodohan, acara tersebut menjadi momentum refleksi bagi masyarakat dalam menghadapi tantangan zaman modern.

Inspektur Upacara (Irup) pada kesempatan ini adalah Dandim 0412/Lampung Utara (LU), Letkol Inf Hery Eko Prabowo, yang menyampaikan amanat Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Dalam amanatnya, Mensos menggarisbawahi pentingnya semangat pahlawan dalam membentuk masa depan bangsa, terutama dalam mengelola kekayaan alam dan potensi penduduk Indonesia.

Letkol Inf Hery Eko Prabowo menjelaskan bahwa tema ini dipilih sebagai respon mendalam terhadap ancaman penjajahan modern yang semakin nyata.

“Kita sebagai bangsa yang memiliki pasar besar dan sumber daya alam yang melimpah, dihadapkan pada tantangan besar untuk mengelola dengan bijak kekayaan alam dan potensi penduduk demi kemajuan Bangsa dan Negara,” ujarnya.

Dalam konteks ini, Dandim menekankan bahwa generasi penerus harus memandang tantangan ini sebagai panggilan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan kemerdekaan.

“Meskipun tidak mudah, namun dengan semangat dan tekad seperti yang ditunjukkan para pahlawan 10 November 1945, kita akan mampu menghadapi dan mengatasi semua tantangan,” tambahnya.

Letkol Inf Hery Eko Prabowo juga menyampaikan definisi pahlawan sebagai individu yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas segalanya.

“Mereka adalah contoh teladan bagi kita semua, bahwa setiap individu mampu berkontribusi untuk kebaikan bersama,” ungkapnya.

Dalam mengakhiri amanatnya, Dandim memberikan pesan kepada seluruh masyarakat Tulangbawang Barat untuk mengimplementasikan nilai-nilai dan amanah yang disampaikan oleh Mensos.

Ia juga mengajak semua pihak untuk senantiasa berkontribusi dan memberikan pengabdian untuk memajukan daerah yang dicintai, yang memiliki julukan “Ragem Sai Mangi Wawai.”

Upacara Hari Pahlawan ini tidak hanya menjadi momen peringatan sejarah, tetapi juga panggilan untuk bersatu dan bekerja sama guna membentuk masa depan yang lebih gemilang bagi generasi mendatang.

Semangat pahlawan, sebagaimana diwariskan oleh para pejuang kemerdekaan, menjadi pilar utama dalam menghadapi berbagai tantangan zaman modern.