BERITA

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Peringati Hari Kesehatan Nasional ke-59 dengan Penuh Apresiasi dan Bantuan Sosial

247
×

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Peringati Hari Kesehatan Nasional ke-59 dengan Penuh Apresiasi dan Bantuan Sosial

Sebarkan artikel ini
Gubernur Hadiri Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tahun 2023
Gubernur Hadiri Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tahun 2023

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada tanggal 29 November 2023, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, menghadiri Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tingkat Provinsi Lampung.

Acara ini berlangsung di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, di mana Gubernur memberikan apresiasi dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penguatan sistem kesehatan.

Dalam rangkaian perayaan HKN, Gubernur Arinal memberikan penghargaan khusus kepada tokoh dan institusi yang berjasa dalam penanganan Covid-19.

Mereka diakui telah memberikan pelayanan kesehatan yang nyata dan baik kepada masyarakat.

Selain penghargaan, juga dilakukan pemberian bantuan sosial sembako kepada masyarakat miskin dan ibu hamil atau ibu memiliki balita, sebagai bagian dari program percepatan penurunan stunting.

Baca Juga:  Riana Bagikan Berkah Program SIGER: Sembako Untuk Kelurahan Batu Putuk, Bandar Lampung

“Selamat HKN ke-59 kepada segenap jajaran kesehatan, para pemangku kepentingan, mitra kesehatan, dan seluruh elemen masyarakat,” ujar Gubernur Arinal, menandai momen penting tersebut.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal.

Keduanya turut menyerahkan penghargaan dan bantuan sosial kepada penerima yang berjasa.

Peringatan HKN ke-59 ini mengangkat tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju,” menjadi panggung untuk mewujudkan sistem kesehatan nasional yang lebih kuat dalam menghadapi tantangan masa depan.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, menyatakan bahwa sektor kesehatan menjadi salah satu program utama dalam mewujudkan visi “Rakyat Lampung Berjaya.”

Baca Juga:  Kehebatan UKM PIK Raya Unila: Enam Mahasiswa Borong Gelar Juara di Duta Genre Lampung 2023

Capaian pembangunan kesehatan di Lampung terus meningkat, dengan 97,6% masyarakat sudah tercover oleh Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Dalam survei Status Gizi Indonesia tahun 2022, Lampung menunjukkan prestasi dengan tingkat prevalensi stunting terendah di antara provinsi lainnya, yaitu 15,2%.

Ini juga tercermin dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lampung tahun 2022 yang mencapai 70,45 persen.

Fahrizal berharap agar pencapaian positif ini dapat diterapkan di semua tingkatan pelayanan kesehatan, mulai dari rumah sakit hingga Puskesmas, untuk memberikan dampak yang lebih besar bagi masyarakat.

Dalam rangkaian acara peringatan HKN ke-59 Tingkat Provinsi Lampung, berbagai penghargaan diserahkan, termasuk Penghargaan Atas Jasa Penanganan Covid-19, Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas dan Rumah Sakit, serta SDM Penunjang Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, meraih Penghargaan Atas Jasa Penanganan Covid-19.

Baca Juga:  PLN Sukses Amankan Kelistrikan Tanpa Gangguan di KTT WWF Ke-10 Bali

Acara ini juga menandai penyerahan pemenang lomba Posyandu Berprestasi dan Kader Posyandu Berprestasi.

Lebih lanjut, dilakukan penyerahan simbolis paket sembako senilai Rp500 ribu kepada 1.880 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di lima Kabupaten rawan stunting.

Program ini merupakan bagian dari upaya percepatan penurunan stunting sebagai komitmen nyata dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *