BERITA

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Meriahkan Malam Apresiasi KPU Provinsi Lampung 2023 di Hotel Novotel

35
×

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Meriahkan Malam Apresiasi KPU Provinsi Lampung 2023 di Hotel Novotel

Sebarkan artikel ini
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Buka Malam Apresiasi KPU Provinsi Lampung Tahun 2023
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Buka Malam Apresiasi KPU Provinsi Lampung Tahun 2023

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pada Rabu malam, 27 Desember 2023, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi secara resmi membuka Malam Apresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung Tahun 2023.

Acara megah ini diselenggarakan di Ballroom Hotel Novotel, menjadi wujud penghargaan kepada semua pihak yang turut serta mendukung kelancaran tahapan Pemilu Damai di Provinsi Lampung, yang saat ini berada dalam hitungan 48 hari pemungutan dan penghitungan suara.

Gubernur Arinal Djunaidi dalam sambutannya menyatakan bahwa esensi pemilu merupakan pembelajaran bagi masyarakat, menciptakan pendewasaan bangsa, dan sekaligus sebagai ujian bagi seluruh elemen bangsa dalam menerapkan sistem demokrasi.

Menurutnya, nilai demokrasi tercermin dalam kemampuan menyelesaikan konflik dengan damai, serta meminimalkan unsur paksaan dalam memilih pemimpin.

“Saya percaya bahwa semua yang hadir di sini sepakat bahwa menjaga pemilu damai adalah tugas dan tanggung jawab kita bersama,” ujar Gubernur Arinal.

Ia juga menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi Lampung dan seluruh stakeholder terkait dalam menjaga kondusifitas dan stabilitas keamanan selama pelaksanaan pemilu serentak 2024.

Gubernur Arinal Djunaidi menekankan bahwa tugas dan tanggung jawab KPU dan Bawaslu tidaklah mudah dalam menjaga kondusifitas pelaksanaan Pemilu 2024.

Kedua lembaga tersebut harus memiliki ketegasan dalam menjalankan setiap peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Dia juga mengajak semua pimpinan partai politik di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung untuk mengedepankan prinsip kepentingan nasional dan menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sebaliknya, kepada seluruh pimpinan partai harus menjaga demokrasi agar tetap berjalan dengan damai,” tegas Arinal Djunaidi.

Gubernur berharap agar acara pemberian penghargaan pada malam itu tidak hanya bersifat seremonial, tetapi juga mampu memberikan kontribusi dan komitmen nyata dalam menciptakan Pemilu 2024 yang damai.

“Provinsi Lampung harus sukses dalam pemilukada serentak 2024 dan mampu menjadi yang terbaik dalam menjalankan demokrasi,” pungkasnya.

Ketua KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran tahapan persiapan pemilu serentak 2024.

Provinsi Lampung, dengan jumlah pemilih terbesar kedua di Sumatera dan urutan kedelapan nasional, menunjukkan komitmen besar KPU Lampung untuk melaksanakan pemilu yang langsung, jujur, adil, bebas, dan rahasia.

Erwan Bustami juga menyerahkan secara langsung piagam penghargaan kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sebagai Pimpinan Daerah yang telah berkontribusi dalam menjaga keberlangsungan tahapan Pemilu 2024 dengan kondusif.

Penghargaan juga diberikan kepada jajaran Forkopimda Provinsi Lampung, instansi dan lembaga pemerintah, serta lembaga media dan panitia pemungutan suara.

Malam Apresiasi KPU Provinsi Lampung juga menjadi wadah bagi KPU untuk memberikan penghargaan kepada Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan kategori Tempat Terbersih dan Nyaman, Laporan Keuangan Terbaik, dan Lomba Senam Jingle Pemilu Terbaik.