BERITA

GGP Meraih Penghargaan Bergengsi sebagai Perusahaan Terkemuka dalam Indonesia’s SDGs Award 2023 oleh Kementerian PPN Bappenas

54
×

GGP Meraih Penghargaan Bergengsi sebagai Perusahaan Terkemuka dalam Indonesia’s SDGs Award 2023 oleh Kementerian PPN Bappenas

Sebarkan artikel ini
GGP Raih Penghargaan Pelaku Usaha Besar Terbaik di Indonesia's SDGs Award 2023 Kementerian PPN Bappenas
GGP Raih Penghargaan Pelaku Usaha Besar Terbaik di Indonesia's SDGs Award 2023 Kementerian PPN Bappenas

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – PT Great Giant Pineapple (GGP), sebuah perusahaan terkemuka di bidang industri hortikultura dan FMCG yang berfokus pada produksi nanas kaleng dan perkebunan terintegrasi, meraih penghargaan prestisius pada Indonesia’s SDGs (Sustainable Development Goals) Action Awards (SAC) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas). Penghargaan ini diberikan kepada GGP dalam kategori pelaku usaha besar.

Penghargaan tersebut secara resmi diserahkan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, dalam sebuah acara yang berlangsung di Ballroom Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta pada tanggal 6 November 2023.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X, turut menjadi saksi atas prestasi gemilang yang diraih oleh GGP.

Head of Sustainability GGF, Arief Fatullah, yang menerima penghargaan tersebut, menyatakan rasa syukur dan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh GGP.

Ia juga mengungkapkan komitmen GGP terhadap keberlanjutan dan bagaimana hal ini menjadi komponen inti dari bisnis perusahaan tersebut.

Pendekatan keberlanjutan yang dijalankan oleh GGP mencakup perlindungan lingkungan, peningkatan kesuburan tanah, pelestarian keanekaragaman hayati, dan peningkatan hasil produksi dalam jangka panjang.

GGP juga mengusung prinsip ekonomi sirkular dengan mengubah seluruh limbah menjadi produk bernilai tambah.

Perusahaan ini berkomitmen untuk mengurangi limbah dengan memperpanjang siklus hidup bahan, mengurangi pemborosan makanan, dan memperkenalkan kemasan ramah lingkungan, yang pada akhirnya akan menyuburkan tanah.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa pandemi COVID-19 dan krisis global telah membawa dampak terhadap pencapaian sejumlah target TPB/SDGs.

Oleh karena itu, kebijakan inovatif harus menjadi prioritas dalam upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Suharso Monoarfa juga menekankan pentingnya konferensi tahunan SDGs tahun 2023 untuk memperkuat komitmen mencapai TPB/SDGs dengan kolaborasi aktif dari semua pihak.

Lebih dari 60% dari indikator TPB/SDGs telah tercapai, dan pilar-pilar pembangunan TPB/SDGs menunjukkan kemajuan yang signifikan, terutama dalam pembangunan lingkungan dan tata kelola.

SAC 2023 memiliki tema “Air, Energi, dan Pertanian menuju Ketahanan Pangan Berkelanjutan” yang sesuai dengan fokus tujuan SDGs, seperti pencegahan kelaparan, akses air bersih, energi bersih, dan konsumsi yang bertanggung jawab.

Penghargaan Indonesia’s SDGs Action Awards yang diselenggarakan oleh Kementerian PPN/Bappenas adalah bentuk apresiasi dari pemerintah Indonesia terhadap kontribusi berbagai pihak dalam mencapai target TPB/SDGs.

GGP, sebagai perusahaan besar, berhasil meraih juara pertama dalam tahun pertamanya mengikuti SAC 2023, mengukir prestasi yang membanggakan dalam upaya pembangunan berkelanjutan.