BERITA

FMIPA Unila Tetap Kokoh dengan Sertifikat ISO 9001:2015

140
×

FMIPA Unila Tetap Kokoh dengan Sertifikat ISO 9001:2015

Sebarkan artikel ini
FMIPA Unila Pertahankan Sertifikat ISO 90012015
FMIPA Unila Pertahankan Sertifikat ISO 90012015

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) berhasil mempertahankan sertifikat ISO 9001:2015 setelah menjalani audit surveillance pada tanggal 2-3 Oktober 2023.

Audit tersebut dilakukan oleh Rahmat Hasnan, seorang auditor dari PT. Evodia Global Sertifikasi (EGS).

Tujuan dari audit ini adalah untuk mengevaluasi kualitas manajemen dan implementasi konsep ISO 9001:2015 di FMIPA Unila, dengan berfokus pada empat kriteria penting.

Keempat kriteria yang dievaluasi dalam audit mencakup kesesuaian dengan persyaratan standar ISO 9001:2015 dan bagian-bagiannya.

Selanjutnya, pemenuhan terhadap peraturan, regulasi, dan kontrak yang berlaku dalam operasional FMIPA Unila.

Selain itu, audit juga memeriksa efektivitas dan pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan.

Terakhir, identifikasi area-area potensial yang dapat ditingkatkan dalam manajemen kualitas.

Baca Juga:  Hari Bela Negara ke-75: Wali Kota Bandar Lampung Mengajak Bersama-sama Membangkitkan Semangat Cinta Indonesia

Dalam proses audit ini, seluruh tim manajemen FMIPA Unila, termasuk dekan dan wakil dekan, serta staf pendukung dari berbagai bagian seperti Akademik, Umum, Keuangan, Perencanaan, Kepegawaian, Kemahasiswaan, dan Alumni FMIPA Unila, dengan teliti menjelaskan data yang diminta oleh auditor dan proses kerja yang dijalankan di dalam fakultas tersebut.

Hasil audit menunjukkan bahwa FMIPA Unila masih memenuhi semua standar yang diperlukan untuk mempertahankan sertifikat ISO 9001:2015 (EGS, ISO 9001 Certified KAN-LSSM-067-IDN). Kabar ini sangat positif bagi tim FMIPA Unila.

Dekan FMIPA Unila, Dr. Eng. Heri Satria, M.Si, menyatakan bahwa fakultas ini harus terus berusaha untuk melakukan perbaikan berkelanjutan dalam pelaksanaan semua aktivitasnya.

Baca Juga:  Kolaborasi Penuh Makna: Mahasiswa Magang IIB Darmajaya Bergabung dengan Program Sinergi Bagi Negeri di TDM Lampung

“Tidak ada sesuatu yang sempurna, karena kebutuhan administratif kita akan terus berkembang seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi,” ujar Heri Satria.

ISO 9001:2015 adalah standar internasional yang digunakan untuk menetapkan kebijakan dan sasaran mutu, serta mengukur pencapaian mereka, yang dapat diterapkan dalam berbagai jenis organisasi dan perusahaan berdasarkan sepuluh klausul yang ditetapkan.

Dengan mempertahankan sertifikat ISO ini, FMIPA Unila terus menegaskan komitmennya terhadap kualitas dan pelayanan yang unggul, menjadikan mereka salah satu pemain utama dalam menjaga mutu pendidikan dan penelitian di bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *