BERITA

FGD Kurikulum oleh Prodi Sistem Informasi IIB Darmajaya: Dr. Azkario Sebut OBE sebagai Pencapaian Mulia

184
×

FGD Kurikulum oleh Prodi Sistem Informasi IIB Darmajaya: Dr. Azkario Sebut OBE sebagai Pencapaian Mulia

Sebarkan artikel ini
Prodi Sistem Informasi IIB Darmajaya Gelar FGD Kurikulum, Dr. Azkario OBE Miliki Tujuan Mulia
Prodi Sistem Informasi IIB Darmajaya Gelar FGD Kurikulum, Dr. Azkario OBE Miliki Tujuan Mulia

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Outcome-Based Education (OBE) adalah paradigma pendidikan yang berfokus pada pencapaian hasil belajar yang spesifik dan jelas.

Pada pendekatan ini, langkah awal yang krusial adalah mendefinisikan learning outcome atau tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Dalam Forum Group Discussion (FGD) yang diadakan oleh Prodi Sistem Informasi IIB Darmajaya, OBE menjadi sorotan utama.

Narasumber dalam FGD ini adalah Dr. Azkario Rizky Pratama, seorang akademisi dari Universitas Gadjah Mada, yang memberikan wawasan mendalam tentang OBE.

Menurutnya, tujuan dari OBE sangatlah mulia. Ia menjelaskan, “OBE bertujuan memastikan bahwa mahasiswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan.

Hal-hal yang tidak relevan dapat dihilangkan. Fokus kita adalah mencapai tujuan tersebut dan menentukan bagaimana cara meraihnya.”

Dr. Azkario juga menegaskan pentingnya memiliki learning outcome yang jelas. Mahasiswa perlu tahu dengan jelas apa yang harus mereka pahami dan kuasai. Ini adalah langkah krusial dalam proses pendidikan.

Pada FGD ini, para stakeholder, termasuk representatif dari dunia industri, memberikan masukan yang berharga.

Hermawanto dari Bank Lampung menyoroti manajemen risiko dalam bidang Teknologi Informasi (TI), terutama relevansinya di dunia kerja.

Dia juga menekankan pentingnya spesialisasi atau peminatan pada semester 6 mahasiswa, mengingat kebutuhan yang berbeda di dunia industri.

Lahan Sikam, seorang peserta FGD, memberikan masukan mengenai materi terkait website.

Ia mengusulkan agar materi tentang website disampaikan secara komprehensif, termasuk aspek dasar dan lanjutan.

Ini akan mempersiapkan mahasiswa dengan baik untuk dunia kerja, termasuk pengembangan dalam format mobile.

Pihak Diskominfotik Lampung memberikan apresiasi yang tinggi kepada IIB Darmajaya, khususnya Prodi Sistem Informasi, atas inisiatif FGD Kurikulum ini.

Mereka mengakui kontribusi Darmajaya dalam menghasilkan SDM (Sumber Daya Manusia) unggul di bidang IT.

Krida Susanto, dari Diskominfotik Lampung, berharap agar kerjasama ini dapat terus berlanjut dan menghasilkan lebih banyak tenaga ahli IT yang handal di masa depan.

Dengan semangat OBE dan kolaborasi yang kuat antara lembaga pendidikan dan para pemangku kepentingan, seperti yang terlihat dalam FGD ini, harapannya adalah pendidikan akan terus berkembang menuju pencapaian hasil belajar yang bermutu, serta mampu menghasilkan SDM yang berkualitas dan siap bersaing di dunia industri IT yang semakin kompleks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *