BERITA

Dr. Khadafi, Rektor Universitas Malahayati, Resmi Menutup PKKMB 2024/2025: Tekankan Semangat, Integritas, dan Disiplin

9
×

Dr. Khadafi, Rektor Universitas Malahayati, Resmi Menutup PKKMB 2024/2025: Tekankan Semangat, Integritas, dan Disiplin

Sebarkan artikel ini
Rektor Universitas Malahayati Resmi Menutup PKKMB 20242025, Dr. Khadafi Harus Semangat, Integritas, dan Disiplin
Rektor Universitas Malahayati Resmi Menutup PKKMB 20242025, Dr. Khadafi Harus Semangat, Integritas, dan Disiplin

Media90 – Rektor Universitas Malahayati Bandar Lampung, Dr. H. Muhammad Khadafi, SH., MH., secara resmi menutup kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2024/2025.

Acara penutupan ini berlangsung di Gedung Graha Bintang, kampus Universitas Malahayati, dan dihadiri oleh 1731 mahasiswa baru dari berbagai jurusan.

PKKMB ini tidak hanya bertujuan mengenalkan lingkungan kampus kepada para mahasiswa baru, tetapi juga mempersiapkan mereka menghadapi tantangan akademik dan membantu pembentukan karakter yang kuat.

Dalam pidato penutupannya, Dr. Khadafi mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang telah menyelesaikan PKKMB dengan baik.

Ia mengingatkan para peserta tentang pentingnya fokus pada tujuan akhir sebagai mahasiswa dan tanggung jawab besar yang kini mereka emban.

“Kalian sekarang adalah bagian dari keluarga Universitas Malahayati. Dengan tanggung jawab ini, kalian harus memiliki pendirian yang kuat dan tidak boleh lupa pada tujuan kalian berada di sini. Saya berharap kita bisa bertemu lagi saat kelulusan atau wisuda,” ujarnya dengan tegas di hadapan ribuan mahasiswa baru pada Sabtu (28/9/2024).

Rektor juga menekankan pentingnya integritas dan karakter dalam kehidupan mahasiswa.

Baca Juga:  Transformasi Identitas: Pemerintah Kota Bandar Lampung Meresmikan Perubahan Nama Empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD)

“Kalian harus membangun karakter yang kuat, karena itu akan mempengaruhi perilaku kalian di masyarakat. Ingat, kalian adalah bagian dari Universitas Malahayati, jadi jagalah nama baik almamater,” ujar Dr. Khadafi.

Ia menambahkan bahwa para mahasiswa diharapkan dapat memberikan “warna baru” dalam perjalanan akademik mereka, baik di dalam maupun di luar kampus.

PKKMB 2024 Universitas Malahayati berlangsung selama lima hari, dengan berbagai materi dan kegiatan yang dirancang untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa baru.

Pada hari pertama, para mahasiswa diperkenalkan dengan visi dan misi universitas, sistem akademik, layanan mahasiswa, serta fasilitas pendukung seperti laboratorium, layanan keuangan, dan berbagai kerja sama kampus.

Informasi mengenai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang beroperasi di lingkungan kampus juga diberikan pada hari ini.

Hari kedua PKKMB difokuskan pada materi pengembangan karakter, sikap anti narkoba, anti korupsi, dan penerapan kampus sehat.

Baca Juga:  Perayaan Kemerdekaan RI ke-78: Nikmati Promo Spesial! 100 GB Cuma Rp100 Ribu dari Smartfren

Pada kesempatan ini, Dr. Khadafi juga menyampaikan materi tentang perkembangan perguruan tinggi dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, di mana ia menyoroti pentingnya adaptasi terhadap perubahan teknologi dan sosial bagi para mahasiswa agar tetap relevan di masa depan.

Mahasiswa juga diperkenalkan dengan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berperan dalam mengembangkan minat dan bakat mereka.

Beberapa UKM yang diperkenalkan di antaranya Resimen Mahasiswa (Menwa), Satuan Tanggap Medis (Sar Medis), Mahasiswa Pencinta Alam (Mahapala), serta UKM di bidang olahraga, agama, dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di setiap fakultas.

Pada hari ketiga, para mahasiswa menerima pembekalan lebih dalam tentang kehidupan kampus, termasuk prospek dunia kerja, nilai-nilai kebangsaan, serta kampanye anti perundungan dan bullying.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi pembinaan kedisiplinan oleh Korem 043/Gatam, yang menekankan pentingnya disiplin dalam meraih kesuksesan akademik dan pribadi.

Hari keempat diisi dengan pelatihan kecantikan dari salah satu brand kosmetik ternama.

Pelatihan ini memberikan edukasi kepada mahasiswa tentang pentingnya merawat penampilan dan cara make-up yang benar, yang disambut antusias oleh para peserta karena memberikan pengalaman baru di luar konteks akademik.

Baca Juga:  Curahan Hati Pekerja Swasta: Gaji Dipotong 2,5% untuk Iuran Tapera, Kenapa Harus Rakyat yang Ikut Menanggung?

Di hari kelima, mahasiswa diarahkan untuk mengikuti kegiatan di program studi masing-masing, di mana mereka diperkenalkan dengan mata kuliah dan sistem pembelajaran yang akan mereka hadapi selama studi.

Dosen dan staf akademik setiap program studi turut memberikan arahan agar mahasiswa lebih siap menghadapi perkuliahan.

Acara penutupan PKKMB Universitas Malahayati 2024/2025 dimeriahkan dengan penampilan dari dua penyanyi jebolan ajang pencarian bakat, AXL Ramadan dan Masitoh.

Penampilan mereka memberikan hiburan dan menambah semarak suasana setelah serangkaian kegiatan yang padat selama PKKMB.

Dengan berakhirnya PKKMB ini, diharapkan para mahasiswa baru Universitas Malahayati dapat menghadapi tantangan akademik dengan semangat, integritas, dan disiplin.

Mereka kini resmi menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Malahayati, siap melangkah menuju masa depan yang cerah dan gemilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *