BERITA

Dirjen Pendidikan Vokasi 2020-2022 Wikan Sakarinto Apresiasi Polinela Sebagai TEFA Terbaik Nasional

79
×

Dirjen Pendidikan Vokasi 2020-2022 Wikan Sakarinto Apresiasi Polinela Sebagai TEFA Terbaik Nasional

Sebarkan artikel ini
Dirjen Pendidikan Vokasi Periode 2020-2022 Wikan Sakarinto Apresiasi Kemajuan Polinela Sebagai TEFA Terbaik Nasional
Dirjen Pendidikan Vokasi Periode 2020-2022 Wikan Sakarinto Apresiasi Kemajuan Polinela Sebagai TEFA Terbaik Nasional

Media90 – Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi (2020-2022), Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., memberikan apresiasi tinggi terhadap kemajuan yang dicapai oleh Politeknik Negeri Lampung (Polinela).

Menurutnya, Polinela telah menjadi salah satu institusi pendidikan vokasi dengan fasilitas Teaching Factory (TEFA) terbaik di Indonesia.

“Polinela memiliki lahan pertanian, perkebunan, dan peternakan yang luar biasa, serta Tefa yang merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia,” ujar Wikan pada Rabu (12/6/2024) saat menjadi narasumber di acara BTP EXPO 2024 di Gedung Serba Guna, Kampus Polinela.

Wikan menjelaskan bahwa Teaching Factory merupakan elemen vital dalam pendidikan vokasi. Tefa di Polinela, lanjutnya, tidak hanya berfungsi sebagai sarana praktik bagi mahasiswa tetapi juga sudah memasuki tahap produksi dan pemasaran.

Baca Juga:  Perjalanan Gemilang Dinda Indah: Si Bintang Buah Memikat Pecinta Lari di Lampung Half Marathon 2024

Ia menambahkan bahwa keberhasilan Tefa Polinela menuntut kurikulum yang mampu memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang.

“Tefa Perkebunan di Polinela adalah salah satu yang terbaik di Indonesia dan dapat menjadi model inspirasi, inovasi, serta acuan bagi pendidikan vokasi di seluruh negeri,” lanjut Wikan.

Menurutnya, masih banyak potensi yang bisa dikembangkan di Polinela untuk memperkuat kualitas pendidikan vokasi.

“Integrasi kurikulum dengan Tefa sangat diperlukan untuk mengkolaborasikan dosen dan menyelaraskan kemampuan mahasiswa, sehingga softskill dan hardskill mereka seimbang,” jelas Wikan.

Wikan juga menekankan pentingnya target produksi yang jelas dalam pengembangan Tefa Polinela.

“Pengembangan Tefa ini harus ditargetkan, misalnya, berapa ton hasil produksi yang dicapai. Polinela harus terus meningkatkan target dan inovasi mereka,” tambahnya.

Baca Juga:  Semangat Tinggi Pj Bupati M. Firsada Menyemangati Paskibraka Menuju HUT RI ke-78 di Tulangbawang Barat

Peluang Lulusan di Polinela

Wikan Sakarinto juga menyoroti peluang besar bagi lulusan Polinela di dunia usaha dan industri. “Kampus yang memiliki Tefa akan membentuk mahasiswa dengan kemampuan softskill dan hardskill yang baik, membuka peluang kerja yang lebih luas. Mahasiswa yang terlatih dengan baik dalam lingkungan Tefa akan memiliki karakter yang kuat,” ungkap Wikan.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk bergabung dengan Polinela, informasi mengenai persyaratan dan tata cara pendaftaran dapat diakses melalui situs resmi https://spo.pmb.polinela.ac.id/ atau melalui WhatsApp di nomor 0812.7893.3860.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *