BERITA

Dinas Sosial Lampung Selatan Berikan Layanan Rehabilitasi Sosial kepada Warga Pengidap Disabilitas Mental di Natar

185
×

Dinas Sosial Lampung Selatan Berikan Layanan Rehabilitasi Sosial kepada Warga Pengidap Disabilitas Mental di Natar

Sebarkan artikel ini
Dinas Sosial Lampung Selatan Layani Rehabilitasi Sosial ke Warga Pemanggilan Natar Pengidap Disabilitas Mental
Dinas Sosial Lampung Selatan Layani Rehabilitasi Sosial ke Warga Pemanggilan Natar Pengidap Disabilitas Mental

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dalam upaya untuk memberikan perhatian dan dukungan kepada warga yang memerlukan, Dinas Sosial Lampung Selatan telah memberikan layanan rehabilitasi sosial kepada warga Desa Pemanggilan, Natar, yang merupakan penyandang disabilitas mental.

Kepala Dinas Sosial, Puji Sukanto, menjelaskan bahwa upaya ini dilakukan dalam rangka memberikan bantuan dan perawatan yang diperlukan kepada mereka yang menghadapi tantangan kesehatan mental.

Dua Pendamping Rehabilitasi Sosial, Anasary Zubaidi dan Siti Fatimah Azzahroo, telah ditugaskan untuk menjalankan program ini.

Dengan metode home visit atau penjangkauan langsung ke rumah klien, tim pendamping tersebut berupaya memberikan perawatan dan dukungan yang spesifik sesuai dengan kebutuhan individu.

Salah satu klien yang mendapat perhatian khusus adalah Peri Vebriansah (20), seorang individu dari keluarga kurang mampu yang mengalami disabilitas mental.

Puji Sukanto menjelaskan bahwa kondisi Peri disebabkan oleh riwayat perkembangan yang cukup hiperaktif saat masih balita.

Keluarga Peri kemudian mengambil inisiatif untuk mencari perawatan medis, tetapi keterbatasan finansial membuat mereka tidak mampu untuk melanjutkan perawatan setelah beberapa bulan.

Berdasarkan informasi dari keluarga, Peri didiagnosis mengalami gangguan autisme, yang ditandai dengan perilaku merusak barang di sekitarnya.

Meskipun tidak bersifat agresif terhadap warga sekitar, namun Peri sering kali berkeliling dan mengganggu ketenangan lingkungan sekitar.

Untuk menjaga keamanan, keluarga memutuskan untuk menempatkan Peri dalam kamar dengan pintu teralis besi.

Kebutuhan makan dan mandi juga dipenuhi di dalam kamar tersebut yang telah dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi.

Dalam upaya untuk memberikan dukungan yang lebih lanjut, Dinas Sosial Lampung Selatan berencana untuk mengusulkan Peri sebagai peserta program Atensi dari Kementerian Sosial RI.

Dengan demikian, Peri diharapkan dapat menerima bantuan yang diperlukan selama proses pengobatan dan perawatan.

Keluarga Peri berharap bahwa bantuan ini dapat memberikan relaksasi finansial serta dukungan yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhan kesehatan dan perawatan yang diperlukan.

Dinas Sosial Lampung Selatan terus berkomitmen untuk memberikan perhatian dan bantuan kepada warga yang memerlukan, khususnya mereka yang menghadapi tantangan dalam bidang kesehatan mental.

Melalui layanan rehabilitasi sosial dan dukungan penuh dari pemerintah daerah, diharapkan bahwa individu-individu seperti Peri dapat memiliki akses yang lebih baik terhadap perawatan dan dukungan yang mereka butuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *