BERITA

Deklarasi Damai Pemilu 2024: Peran Pj Bupati Tulangbawang Barat dalam Mewujudkan Suasana Harmonis

45
×

Deklarasi Damai Pemilu 2024: Peran Pj Bupati Tulangbawang Barat dalam Mewujudkan Suasana Harmonis

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Tulangbawang Barat Ikut Deklarasikan Pemilu Damai 2024
Pj Bupati Tulangbawang Barat Ikut Deklarasikan Pemilu Damai 2024

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat, M. Firsada, turut ambil bagian dalam kegiatan deklarasi kampanye damai dan apel siaga dalam rangka menyambut Pemilu 2024.

Acara ini digelar di Lapangan Tiyuh Candra Kencana pada Senin (20/11/2023).

Dalam sambutannya, Pj Bupati M. Firsada menggarisbawahi betapa pentingnya Pemilu sebagai pilar utama dalam kehidupan demokrasi.

Sebagai warga negara, setiap individu memiliki hak untuk memilih pemimpin yang akan mewakili dan melaksanakan amanah rakyat.

“Kita harus selalu ingat bahwa proses kampanye dan pemilihan ini harus berlangsung dalam suasana yang damai, adil, dan terbuka,” tegas M. Firsada.

Dia menekankan perlunya menjauhi politik uang dan praktik tidak sehat lainnya, serta menegaskan bahwa Pemilu harus dilakukan demi kepentingan masyarakat, bukan untuk keuntungan pribadi atau kelompok tertentu.

Pj Bupati juga memaparkan pentingnya menjunjung tinggi integritas dan etika politik. “Masyarakat harus percaya bahwa setiap suara mereka dihargai dan memiliki dampak yang signifikan,” tambahnya.

Dalam mengajak masyarakat untuk berperan aktif, M. Firsada mengingatkan bahwa kampanye dan pemilihan yang damai bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tetapi juga masyarakat secara keseluruhan.

Dia menyerukan agar masyarakat tidak terprovokasi dan menghindari konflik yang tidak perlu.

Ketua Bawaslu Tulangbawang Barat, Agus Tomi, turut memberikan pandangan dari perspektif pengawas Pemilu.

Agus Tomi menekankan pentingnya menjaga keadilan dan memastikan bahwa setiap proses berjalan sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya mengajak seluruh pengawas Pemilu untuk menjadi teladan dalam menjaga sikap netral, dan tidak terprovokasi oleh berbagai gesekan yang mungkin terjadi,” ungkap Agus Tomi.

Dia menambahkan bahwa keberanian bukan hanya dalam menyuarakan preferensi politik pribadi, melainkan dalam menjunjung tinggi prinsip keadilan dan integritas.

Bawaslu berharap agar semua pihak dapat menjalankan tugasnya dengan baik demi terwujudnya Pemilu 2024 yang demokratis, adil, dan damai.

Ajakan tersebut menjadi panggilan bersama untuk mewujudkan proses pemilihan yang bersih dan berkualitas.