BERITA

Dari Polres ke Polresta: Transformasi Status Polres Lampung Selatan dan Pertimbangannya

152
×

Dari Polres ke Polresta: Transformasi Status Polres Lampung Selatan dan Pertimbangannya

Sebarkan artikel ini
Naik Status, Polres Lampung Selatan Berubah Menjadi Polresta, ini Pertimbangannya
Naik Status, Polres Lampung Selatan Berubah Menjadi Polresta, ini Pertimbangannya

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Langkah strategis dalam penguatan keamanan dan peningkatan layanan masyarakat semakin nyata di Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan.

Berdasarkan informasi terbaru, Polres Lampung Selatan bersiap untuk naik status dari tipe D (Polres) menjadi tipe C (Polresta), mengikuti perkembangan dan dinamika wilayah yang semakin signifikan.

Kegiatan ini menjadi fokus dalam audiensi yang berlangsung antara Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dan Tim Studi Polisi Daerah (Polda) Lampung, yang berlangsung di rumah Dinas Bupati pada Jumat, 18 Agustus 2023.

Kabag Strajemen Rorena Polda Lampung, AKBP Dasep Wahyu Permadi, dalam pertemuan tersebut mengungkapkan bahwa audiensi ini bukan hanya sebagai bentuk silaturahmi, tetapi juga sebagai wadah untuk membahas secara serius rencana peningkatan status Polres Lampung Selatan.

“Kami berada di sini untuk membahas Studi Kelayakan Peningkatan Tipologi Polres dari tipe D menjadi tipe C,” ungkap Dasep Wahyu Permadi.

Dasep menjelaskan bahwa perkembangan yang sangat signifikan di Kabupaten Lampung Selatan turut berdampak pada kompleksitas tugas kepolisian, khususnya dalam menangani kerawanan kriminalitas dan berbagai permasalahan lainnya.

Oleh karena itu, peningkatan status Polres Lampung Selatan menjadi Polresta tipe C menjadi langkah yang diharapkan dapat memperkuat kapasitas pelayanan dan penegakan hukum di wilayah tersebut.

“Lampung Selatan mengalami banyak perubahan dalam dinamika masyarakatnya, pembangunan, dan letak geografisnya yang luar biasa. Sebagai pintu gerbang Sumatera, Lampung Selatan harus memiliki kekuatan yang sebanding dengan tugas-tugasnya,” papar Dasep.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto merespon dengan positif dan mendukung penuh program ini.

Namun, ia meminta agar rincian program yang lebih terperinci dapat disampaikan. “Kami meminta untuk mendapatkan detail program ini terlebih dahulu.

Kemudian kami akan mempertimbangkan aspek teritorialnya. Kita perlu memahami langkah-langkah yang harus diambil agar pemerintah daerah dapat berkontribusi dengan baik,” ujar Nanang.

Pentingnya kolaborasi dalam menghadirkan perubahan ini juga diakui oleh Bupati.

Nanang mengingatkan bahwa, mengingat keterlibatan anggaran, rencana ini perlu diajukan dan dibahas terlebih dahulu di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Selatan.

“Kolaborasi ini dirancang dengan prinsip untuk mengatasi tantangan yang ada di wilayah. Keterlibatan anggaran adalah hal krusial, dan kami perlu memastikan bahwa program ini akan sukses dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” tandas Nanang.

Dengan langkah-langkah menuju peningkatan status Polres Lampung Selatan menjadi Polresta tipe C, diharapkan bahwa keamanan dan kenyamanan masyarakat semakin terjamin, serta pelayanan kepolisian dapat lebih optimal dalam menjawab kebutuhan dan tuntutan dinamika wilayah Lampung Selatan yang terus berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *