BERITA

CCEP Edukasi Kelola Sampah Rumah Tangga di Bersih Pantai Kelawi dan Minang Rua, Lampung Selatan

192
×

CCEP Edukasi Kelola Sampah Rumah Tangga di Bersih Pantai Kelawi dan Minang Rua, Lampung Selatan

Sebarkan artikel ini
Bersih Pantai Kelawi dan Minang Rua Lampung Selatan, CCEP Edukasi Kelola Sampah Rumah Tangga
Bersih Pantai Kelawi dan Minang Rua Lampung Selatan, CCEP Edukasi Kelola Sampah Rumah Tangga

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) baru-baru ini menggelar gerakan bersih-bersih serentak di 10 kota utama di Indonesia, membawa pesan penting tentang kebersihan lingkungan dan tata kelola sampah yang efisien.

Gerakan ini melibatkan lebih dari 1.000 partisipan dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk karyawan CCEP Indonesia, komunitas lokal, dan pemerintah daerah.

Direktur Public Affairs, Communications, and Sustainability CCEP Indonesia & Papua New Guinea, Lucia Karina, mengatakan bahwa gerakan ini tidak hanya berfokus pada membersihkan lingkungan fisik, tetapi juga pada pembekalan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memilah dan mengelola sampah mereka sendiri.

Dia menekankan komitmen kuat CCEP Indonesia dalam mendukung visi masyarakat untuk lingkungan yang bersih, sehat, dan lestari.

Aksi ini juga melibatkan edukasi masyarakat dan mencoba membangkitkan semangat mereka untuk lebih peduli tentang tata kelola sampah yang efisien.

Hal ini dimulai dari pemilahan dan pengelolaan sampah yang benar, dimulai dari sumbernya, seperti rumah dan sekolah.

Salah satu contoh nyata dari gerakan ini adalah aksi bersih-bersih yang berlangsung dalam rangka World Cleanup Day di Pantai Minang Rua, Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan.

Aksi ini menggabungkan kekuatan dari berbagai elemen masyarakat, termasuk Kelompok Sadar Wisata Minang Rua, Bank Sampah Segala Guwai, Waway Waste Foundation, World Cleanup Day Lampung, dan relawan dari karyawan CCEP Indonesia – Lampung Plant.

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan juga memberikan dukungan dan apresiasi untuk inisiatif ini.

Kepala Desa Kelawi, Bahtiar Ibrahim, menekankan pentingnya kerja sama semua pihak dalam pengelolaan sampah dan edukasi masyarakat tentang hal tersebut.

Dia sangat menyambut baik inisiatif kerjasama pengelolaan sampah yang telah dilakukan oleh CCEP Indonesia dan berharap agar semangat kolaborasi ini terus berlanjut.

Dia juga menekankan bahwa kegiatan pengelolaan sampah dan edukasi masyarakat akan membawa dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Selama gerakan bersih-bersih ini, berhasil dikumpulkan 4,9 ton sampah organik dan 4,6 ton sampah anorganik.

Lebih dari 3,4 ton di antaranya adalah sampah plastik berbagai jenis, termasuk multilapis, dan 1,2 ton botol kemasan PET.

Botol PET yang terkumpul akan dikelola oleh Yayasan Mahija Parahita Nusantara dan akan diserahkan ke PT Amandina Bumi Nusantara, sebuah pabrik daur ulang yang didirikan oleh CCEP Indonesia bersama Dynapack Asia.

Tujuan dari langkah ini adalah mendukung sistem daur ulang tertutup untuk botol PET (closed loop system) dan mendekatkan diri pada pencapaian agenda global mereka, “This is Forward,” yang menargetkan pengumpulan 100% kemasan yang dihasilkan pada tahun 2030 dan memastikan 50% kemasan yang diproduksi berasal dari recycled PET (rPET).

Ini adalah langkah nyata CCEP Indonesia dalam mendukung keberlanjutan lingkungan dan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *