BERITA

Bupati Arinal Resmi Menyelenggarakan Festival Pangan Lokal untuk Memperingati Hari Pangan Sedunia yang Ke-42

196
×

Bupati Arinal Resmi Menyelenggarakan Festival Pangan Lokal untuk Memperingati Hari Pangan Sedunia yang Ke-42

Sebarkan artikel ini
Gubernur Arinal Buka Festival Pangan Lokal dalam Rangka Hari Pangan Sedunia ke-42
Gubernur Arinal Buka Festival Pangan Lokal dalam Rangka Hari Pangan Sedunia ke-42

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, resmi membuka Festival Pangan Lokal dalam peringatan Hari Pangan Sedunia ke-42 tingkat Provinsi Lampung.

Acara ini berlangsung di halaman Kantor Gubernur pada Jum’at (3/11/2023) dengan mengusung tema “Air adalah Kehidupan, Air adalah Pangan, Diversifikasi Pangan untuk Rakyat Lampung Berjaya.”

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal mengungkapkan bahwa pemilihan tema ini mencerminkan pentingnya peran air dalam kehidupan di Bumi.

Saat ini, Provinsi Lampung sedang menghadapi dampak perubahan iklim El Nino yang menyebabkan kekeringan, yang berdampak negatif pada produksi pertanian di daerah ini.

Hal ini telah menyebabkan kenaikan harga bahan pangan pokok, seperti beras.

“Melihat fenomena ini, kita harus mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengurangi dampak El Nino dan menjaga ketersediaan pangan di Provinsi Lampung,” ujar Gubernur Arinal.

Arinal juga menekankan bahwa Provinsi Lampung memiliki sumber daya alam yang melimpah, dengan sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan sebagai komoditas unggulan.

Baca Juga:  Fasilitator Polinela Memimpin Pemuktahiran Kerjasama Sikerma 2.0 SMK di Provinsi Lampung

Hal ini menjadikan Lampung sebagai salah satu lumbung pangan nasional, dengan kontribusi pertaniannya masuk dalam 5 besar nasional.

Gubernur Arinal menyampaikan harapannya agar nilai tambah dari komoditas unggulan Provinsi Lampung dapat ditingkatkan melalui hilirisasi, sehingga produk pertanian dapat memiliki nilai yang lebih tinggi.

Selain itu, Arinal mencatat komitmen Pemerintah Provinsi Lampung untuk membangun kekuatan ekonomi berbasis pertanian dan wilayah pedesaan yang seimbang dengan perkotaan. Hal ini tercermin dalam misi ke-5 Pemerintah Provinsi Lampung.

Dalam upaya memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bidang pangan, Gubernur Arinal telah meresmikan Ground Breaking Pasar UMKM Lampung di Komplek Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Way Halim pada 30 Oktober 2023.

Baca Juga:  Sinergi Perguruan Tinggi: IIB Darmajaya dan SMK BLK Bandar Lampung Menjalin Kerjasama Tri Darma

Proyek tersebut merupakan inisiatif Pemerintah Provinsi Lampung yang didukung oleh dana CSR, Program Kemitraan, dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan dari 14 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Lampung.

Data perkembangan sektor Koperasi dan UMKM di Provinsi Lampung mencatat bahwa terdapat 273.457 unit UMKM, termasuk 263.778 unit usaha mikro, 9.303 unit usaha kecil, dan 376 unit usaha menengah. Gubernur Arinal berharap jumlah ini terus berkembang di masa depan.

Arinal mendorong sinergi dalam mencapai kemandirian pangan dengan memastikan keragaman, aksesibilitas, kualitas, dan keamanan konsumsi pangan masyarakat. Konsep ini dikenal sebagai “Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman” (B2SA).

Gubernur Arinal berharap bahwa festival ini akan menjadi semangat baru bagi ekonomi sektor UMKM Pangan Lokal, yang akan terus berkarya untuk mewujudkan kejayaan Rakyat Lampung.

Arinal juga mengajak semua pihak untuk mendukung Gerakan Selamatkan Pangan dengan mengkampanyekan “Stop Boros Pangan,” sebagai komitmen Pemerintah daerah dalam upaya pencegahan Food Waste di Provinsi Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *