BERITA

Rekor Gemilang: Pemkab Lampung Selatan Raih WTP Murni Laporan Keuangan dari BPK Delapan Kali Berturut-turut

95
×

Rekor Gemilang: Pemkab Lampung Selatan Raih WTP Murni Laporan Keuangan dari BPK Delapan Kali Berturut-turut

Sebarkan artikel ini
Delapan Kali Berturut-turut, Pemkab Lampung Selatan Raih WTP Murni Laporan Keuangan dari BPK
Delapan Kali Berturut-turut, Pemkab Lampung Selatan Raih WTP Murni Laporan Keuangan dari BPK

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2023 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Provinsi Lampung.

Ini merupakan yang kedelapan kalinya secara berturut-turut Pemkab Lampung Selatan meraih penghargaan ini di bawah kepemimpinan H. Nanang Ermanto.

Prestasi membanggakan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua BPK RI Provinsi Lampung, Masmudi, kepada Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto.

Acara penyerahan berlangsung di Ruang Auditorium, Kantor BPK Provinsi Lampung, Bandar Lampung, pada Jumat (3/5/2024).

Wahidin Amin, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Lampung Selatan, menyatakan bahwa Lampung Selatan menjadi salah satu dari lima kabupaten/kota yang berhasil meraih opini WTP murni tanpa catatan dari BPK.

Dia menjelaskan bahwa dari 11 kabupaten/kota yang meraih opini WTP, enam di antaranya mendapatkan opini WTP dengan penekanan atau WTP PSH (Penekanan atas Suatu Hal), sementara lima lainnya, termasuk Lampung Selatan, meraih opini WTP murni.

Menurut Wahidin Amin, keberhasilan ini dapat dicapai karena Pemkab Lampung Selatan mampu merencanakan dan merealisasikan belanja sesuai kemampuan keuangan tanpa defisit, serta menggunakan dana yang diarahkan seperti Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Spesific Grant (SG).

“Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto merasa sangat bersyukur dan mengapresiasi kinerja baik yang dilakukan seluruh jajaran Pemkab Lampung Selatan. Beliau berharap, penghargaan ini dapat menjadi pemacu semangat untuk terus merencanakan dan merealisasikan anggaran belanja dengan lebih baik di masa mendatang,” ungkap Wahidin Amin.

Bupati H. Nanang Ermanto sendiri mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian tersebut.

“Alhamdulillah kita mendapatkan opini WTP delapan kali berturut-turut, ini sangat luar biasa dan patut diapresiasi. Terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintahan atas kinerja baiknya,” ujarnya.

Dengan prestasi ini, Pemkab Lampung Selatan sekali lagi menunjukkan komitmen dan kualitas dalam mengelola keuangan daerah, yang memberikan keyakinan kepada masyarakat akan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *