BERITA

Bocoran Materi Terbaru Tes CPNS 2023: Seluruh Soal dan Kunci Jawaban Tersedia!

180
×

Bocoran Materi Terbaru Tes CPNS 2023: Seluruh Soal dan Kunci Jawaban Tersedia!

Sebarkan artikel ini
Ini Bocoran Materi Tes CPNS 2023, Lengkap Soal dan Kunci Jawaban
Ini Bocoran Materi Tes CPNS 2023, Lengkap Soal dan Kunci Jawaban

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Jadwal pelaksanaan proses seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 telah menjadi perbincangan di media sosial.

Menurut informasi yang beredar, tanggal yang ditetapkan untuk seleksi ini adalah pada 17 September 2023.

Namun, situasi sebenarnya masih dalam proses pengusulan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), demikian diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Haryomo Dwi Putranto.

Surat resmi yang mengatur jadwal seleksi CASN, yaitu Surat Nomor 7948/B-KS.04.01/SD/K/2023, telah diterbitkan pada tanggal 10 Agustus 2023 oleh Plt. Kepala BKN.

Seleksi ini akan melibatkan sejumlah formasi jalur khusus yang memiliki prioritas dalam proses seleksi. Terdapat empat kategori formasi yang akan dibuka dalam pendaftaran CPNS tahun ini.

Keempat kategori formasi tersebut adalah:

  1. Formasi Lulusan Terbaik (Cumlaude): Kategori ini akan memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik dengan rekam jejak akademis yang unggul.
  2. Formasi Disabilitas: Formasi ini memberikan peluang bagi individu dengan disabilitas untuk berkontribusi dalam pelayanan publik.
  3. Formasi Putra/Putri Papua: Kategori ini memberikan fokus pada putra dan putri Papua, untuk meningkatkan representasi dari wilayah tersebut dalam pemerintahan.
  4. Formasi Diaspora: Formasi ini menciptakan peluang bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berasal dari diaspora Indonesia, yang ingin kembali berkontribusi di tanah air.

Dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi proses pendaftaran CPNS tahun ini, para calon peserta perlu memahami prediksi soal yang mungkin muncul pada tes CASN 2023.

Prediksi soal kali ini akan mencakup beberapa kategori penting, antara lain:

  1. Tes Intelegensi Umum (TIU): Tes ini akan melibatkan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan logika matematika, pemikiran analitis, kemampuan berbicara, memahami kata-kata, serta kemampuan berpikir secara rasional.
    Soal contoh
    TIU:Jika a=5 dan b=2, maka nilai dari a^3 – 3a62b + 3ab^2 – b^3 = …
    • A. -81
    • B. -27
    • C. 27
    • D. 81 (Jawaban: C. 27)
  2. Tes Karakteristik Pribadi (TKP): Tes ini akan mengidentifikasi karakteristik dan pola pikir peserta. Dalam setiap pekerjaan pasti memiliki job description masing-masing, dan peserta akan menghadapi situasi-situasi yang memerlukan respons sesuai dengan karakter.
    Contoh soal TKP:
    Dalam setiap pekerjaan pasti memiliki job description masing-masing, dan saya telah melakukan sesuai dengan job description tersebut.
    • A. Di tengah-tengah kesibukan pekerjaan, saya tetap mau membantu teman menyelesaikan pekerjaannya yang tertunda (skor 5)
    • B. Meski begitu saya cemas kalau-kalau ternyata besok presentasi saya kurang lancar (skor 1)
    • C. Saya pasrah jika ada kendala (skor 3)
    • D. Tak mungkin presentasi saya tidak lancar (skor 2)
    • E. Tapi mungkin saja presentasi saya terganggu hal lain (skor 4)
  3. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): Tes ini akan menguji pengetahuan tentang sejarah Republik Indonesia dan wawasan kebangsaan.
    Contoh soal TWK:
    Kongres Pemuda 2 diselenggarakan pada tanggal…
    • A. 26 Mei 1926
    • B. 28 Agustus 1926
    • C. 26 Mei 1927
    • D. 28 Oktober 1928 (Jawaban: D. 28 Oktober 1928)

Dengan memahami materi dan jenis soal yang mungkin muncul dalam tes CPNS 2023, para calon peserta dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Semoga informasi ini bermanfaat dan sukses dalam persiapan untuk mengikuti seleksi CASN 2023!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *