BERITA

Bimbingan Teknis: Transformasi Penyuluhan Pertanian Bersama Dosen Unggulan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak dari Polinela

69
×

Bimbingan Teknis: Transformasi Penyuluhan Pertanian Bersama Dosen Unggulan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak dari Polinela

Sebarkan artikel ini
Bimtek Penyuluh Pertanian, Dosen Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak Polinela Jadi Narasumber Utama
Bimtek Penyuluh Pertanian, Dosen Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak Polinela Jadi Narasumber Utama

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Dalam upaya meningkatkan efektivitas penyuluhan pertanian, Dosen Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL) di Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menjadi pilihan utama sebagai narasumber pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Transformasi Penyuluhan Pertanian Berbasis Digital.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (KPTPH) Pemerintah Provinsi Lampung, dan berlangsung di Hotel Arinas Bandar Lampung, mulai tanggal 21 hingga 22 November 2023.

Bimtek ini bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan dasar kepada para penyuluh pertanian.

Fokus utama kegiatan melibatkan strategi pemanfaatan teknologi informasi, mulai dari pengantar teknologi informasi, penggunaan internet, teknik foto dan videografi, hingga teknik pembuatan materi digital penyuluhan pertanian.

Aspek lain yang diangkat mencakup teknik publikasi sosial media, manajemen zoom meeting, dan sejumlah keterampilan lainnya yang relevan.

Harapannya, melalui pelatihan ini, para penyuluh pertanian dapat meningkatkan efisiensi penyuluhan kepada petani dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam setiap tahapan.

Literasi digital yang memadai diharapkan menjadi modal utama, terutama untuk penyuluh milineal yang berperan penting dalam menyampaikan informasi kepada petani.

Kepala UPTD Penyuluh Pertanian, Halimah, mengapresiasi kolaborasi dengan Polinela, khususnya Program Studi TRPL.

Menurutnya, kerjasama ini sangat membantu dalam menyediakan narasumber dan ahli IT untuk mensukseskan kegiatan Digitalisasi Penyuluh Pertanian Provinsi Lampung.

Tahun 2024 direncanakan sebagai momentum pengembangan layanan digital penyuluhan pertanian, dan Dinas KPTPH Provinsi Lampung berencana kembali berkolaborasi dengan Politeknik Negeri Lampung.

Tiga dosen TRPL Polinela yang turut berkontribusi sebagai narasumber utama adalah Jaka Fitra, S.Kom., M.T.I., Dani Rofianto, S.Mat., M.Kom., dan Khusnatul Amaliah, S.Kom., M.Kom.

Mereka tidak hanya menjadi narasumber, tetapi juga merancang kurikulum dan merumuskan capaian kegiatan Bimtek tersebut.

Pada kesempatan ini, beberapa mahasiswa/i Prodi TRPL juga terlibat sebagai pendamping peserta Bimtek, menunjukkan komitmen Polinela dalam mendukung transformasi penyuluhan pertanian menuju era digital.