BERITA

Bersama-sama Mewujudkan Lingkungan Lestari: Pemprov Lampung Mengajak Semua Pihak untuk Berkomitmen Kurangi Efek Rumah Kaca

216
×

Bersama-sama Mewujudkan Lingkungan Lestari: Pemprov Lampung Mengajak Semua Pihak untuk Berkomitmen Kurangi Efek Rumah Kaca

Sebarkan artikel ini
Komitmen Kurangi Efek Rumah Kaca, Pemprov Lampung Ajak Seluruh Elemen Berkolaborasi Jaga Keberlanjutan Lingkungan
Komitmen Kurangi Efek Rumah Kaca, Pemprov Lampung Ajak Seluruh Elemen Berkolaborasi Jaga Keberlanjutan Lingkungan

Media90 (media.gatsu90rentcar.com) – Kamis, 10 Agustus 2023, Aula Gedung Kuliah Umum Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menjadi saksi perhelatan penting dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan di Indonesia.

Acara tersebut adalah pembukaan Lokakarya Nasional UI GreenMetric untuk Perguruan Tinggi Indonesia 2023, yang turut dihadiri oleh Kusnardi, yang mewakili Gubernur Lampung.

Kusnardi, dalam perannya sebagai perwakilan Gubernur, mengajak seluruh elemen pentahelix – Pemerintah, Masyarakat, Lembaga Usaha, Akademisi, dan Media – untuk bersatu dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Pemerintah Provinsi Lampung telah berkomitmen untuk merangkul indikator kinerja utama dalam pembangunan lingkungan, dengan penurunan emisi gas rumah kaca sebagai salah satu fokus utama.

“Dalam tugas kita bersama, kita akan melibatkan sektor energi, industri, pertanian, kehutanan, lahan, dan sektor limbah-persampahan untuk bersama-sama mendukung aksi penurunan emisi gas rumah kaca di Provinsi Lampung,” ujar Kusnardi.

Baca Juga:  Kehadiran Gubernur Arinal dalam Pengajian Akbar Harlah NU, Dimeriahkan Tausyiah Gus Miftah di Lapangan Cipta Karya Kalianda

Selain komitmen dalam penurunan emisi gas rumah kaca, Pemerintah Provinsi Lampung juga telah mengambil langkah konkrit dalam pengelolaan sampah.

Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 09 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah telah diterbitkan dengan tujuan meningkatkan pengurangan dan penanganan sampah secara sistematis, menyeluruh, dan berkelanjutan.

Tidak hanya itu, Peraturan Gubernur Lampung Nomor 27 Tahun 2022 tentang Kebijakan Strategi Daerah dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis juga telah ditetapkan.

Pada tahun 2022, Provinsi Lampung bersama berbagai pihak terkait telah mendeklarasikan Forum Bank Sampah Provinsi Lampung, dengan harapan agar pada tahun 2024 setiap desa/kelurahan memiliki minimal satu Bank Sampah sebagai bagian dari unit usaha desa atau kelurahan.

Dalam rangka meningkatkan kualitas lahan dan mencapai target penyerapan karbon bersih di sektor penggunaan lahan, Pemerintah Provinsi Lampung tengah dalam tahap proses merealisasikan Taman Keanekaragaman Hayati dengan luasan tapak 24,99 Ha yang berlokasi di Kawasan Kota Baru.

Baca Juga:  Tingkatkan Kepatuhan! Operasi Patuh di Lampung Timur 15-28 Juli: Persiapkan Surat Kendaraan Anda!

Melalui upaya ini, diharapkan nilai Indeks Kualitas Lahan akan meningkat, serta membantu mencapai target penyerapan karbon bersih di sektor penggunaan lahan melalui Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink pada Tahun 2030.

Acara Lokakarya tersebut turut dihadiri oleh Ketua UI GreenMetric World University Rankings, Prof. Dr. Riri Fitri Sari, Rektor ITERA, Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, serta perwakilan dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Semua pihak hadir untuk bersama-sama berkolaborasi dalam mewujudkan keberlanjutan lingkungan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *